Kemendikbud Siapkan Program Baru Kampus Merdeka – Kendari Pos
Nasional

Kemendikbud Siapkan Program Baru Kampus Merdeka


KENDARIPOS.CO.ID — Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Google, Gojek, Tokopedia dan Traveloka menyelenggarakan Bangkit 2021 sebagai program Kampus Merdeka. Ini merupakan program pelatihan berbasis teknologi digital bagi mahasiswa.

Massa dari Gerakan Mahasiswa Jakarta Bersatu (GMJB) melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Kemendikbud, Jakarta. Mereka mendesak pemerintah melalui Kemendikbuduntuk membuat regulasi potongan biaya pendidikan sebesar 50 persen di tengah masa pandemi Covid-19 serta menuntut untuk mengentikan komersialisasi dan liberalisasi dunia pendidikan.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Aris Junaidi menyampaikan, diperlukan penyesuaian pengetahuan serta kompetensi dalam menghadapi berbagai tantangan dan persaingan global. Inovasi di bidang sains dan teknologi mampu menjadi penggerak perubahan bangsa.

“Kemajuan teknologi yang berjalan sangat cepat dan dinamis mendorong untuk terus berusaha menyesuaikan diri baik pengetahuan dan kompetensi untuk mampu bersaing dengan masyarakat global yang hampir tidak ada batasan,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (11/1).

Adapun, bidang yang banyak diperlukan saat ini adalah machine learning dan data analytic. Namun, menurut Aris talenta ini masih minim dimiliki oleh generasi bangsa. Sehingga, melalui program Kampus Merdeka yang bekerja sama dengan Bangkit, diharapkan dapat menjadi wadah dalam mengasah kemampuan mahasiswa di bidang tersebut.

“Melalui semangat Kampus Merdeka dengan proyek mandiri atau studi independen, mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan kompetensi tambahan melalui pembelajaran dan pelatihan intensif selama satu semester dengan proyek nyata aplikasi teknologi machine learning di masyarakat,” jelas Aris.

Aris menambahkan, melalui program ini, mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan di bidang teknologi digital dan proses pembelajarannya diakui setara 20 SKS serta micro credential yang difasilitasi langsung oleh Bangkit.
“Melalui program ini diharapkan dapat lahir talenta-talenta digital dan inkubator-inkubator inovasi di bidang teknologi informasi di perguruan tinggi,” tutup Aris.

Pelatihan Bangkit 2021 ini bertujuan melahirkan mahasiswa yang kompeten di tiga bidang, yaitu machine learning, mobile programming dan cloud computing. Untuk itu, dibutuhkan mahasiswa yang memiliki kualifikasi dan motivasi yang tinggi dalam berkomitmen untuk belajar bersungguh sungguh.

Beberapa manfaat yang akan diperoleh mahasiswa setelah mengikuti program ini, seperti kompetensi berupa hard skill dan soft skill, kesempatan untuk mengaplikasikan ilmunya ke masyarakat, kesempatan untuk berinteraksi dengan para praktisi industri, konversi sks hingga 20 SKS, serta mendapatkan transkrip dan sertifikat. Program ini terbuka bagi mahasiswa D4/S1 di perguruan tinggi yang setidaknya telah menyelesaikan semester 5.

Jadwal pelaksanaan Bangkit 2021 yakni tahap pendaftaran dan assesment mulai 18 November 2020 hingga 14 Januari 2021. Tahap seleksi, 14-17 Januari 2021. Pengumuman pada 18 Januari 2021. Dilanjutkan pendaftaran ulang mulai 19 hingga 25 Januari 2021 dan pelaksanaan pelatihan 15 Februari sampai 25 Juni 2021. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy