Kemenag-Pemkab Tekan Angka Perceraian dan Bunuh Diri – Kendari Pos
Konawe Selatan

Kemenag-Pemkab Tekan Angka Perceraian dan Bunuh Diri

KENDARIPOS.CO.ID — Tingginya angka perceraian dan bunuh diri serta kekerasan terhadap anak menjadi fokus pembahasan utama bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama pihak Kementerian Agama (Kemenag) Konawe Selatan (Konsel). Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, H. Sjarif Sajang mewakili Bupati, H. Surunuddin Dangga dalam upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75, Selasa (5/1) mengungkapkan, momentum itu dapat menjadi wadah tepat untuk menjalin sinergitas dan kerja sama dalam memberikan pelayanan di masyarakat. Berbagai permasalahan yang kerap terjadi saat ini, lanjut Sjarif adalah tingginya angka kematian akibat bunuh diri. Selain itu, perceraian dan kekerasan terhadap anak juga semakin tak terbendung.

Sekab Konsel, H. Sjarif Sajang (tengah)
didampingi Kepala Kemenag, H. Joko (kiri) saat ditemui dalam
suasana peringatan HAB ke-75, kemarin.

“Kami sudah diskusi tadi dengan Kepala Kemenag, Kepala Pengadilan agama dan Kapolres terkait permasalahan sosial ini. Kamis mendatang kami sepakat untuk melaksanakan rapat koordinasi semua pihak dan akan mengundang DPRD untuk mencari solusi,” ungkap Sjarif Sajang saat ditemui di acara peringatan HAB, kemarin.
Mantan Kepala Dishub Kota Kendari tersebut menjelaskan, sesuai informasi yang diperoleh dari Pengadilan Agama, angka perceraian tahun 2020 mencapai 500 kasus. “Ini merupakan tertinggi di Sultra,” jelasnya. Disisi lain, tingkat kematian bunuh diri juga mengalami peningkatan. Tahun lalu mencapai 18 kasus, termasuk kekerasan terhadap anak yang jumlahnya 28 peristiwa.

“Inilah yang menjadi tugas kita bersama bagaimana menekan segala pesoalan yang kerap terjadi di Konsel. Kita juga akan menghadirkan pihak Dinas Catatan Sipil. Karena usia pernikahan menurut undang-undang itu di atas usai 19 tahun. Jadi kita akan bedah dan bisa menghasilkan kesimpulan dan solusi. Makanya kita akan hadirkan DPRD karena untuk mengatasi semua itu menyangkut alokasi anggaran juga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Konsel, H. Joko, M.Pd, menambahkan, pihaknya tidak akan menutup mata terkait sejumlah persoalan sosial yang terjadi. Dengan sumber daya yang ada pihaknya akan memanfaatkan untuk selalu bersinergi dalam mendukung pembangunan daerah yang lebih baik. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy