Kakanwil Kemenag Sultra : Jamaah Wajib Patuhi Prokes! – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Kakanwil Kemenag Sultra : Jamaah Wajib Patuhi Prokes!

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah Covid-19 masih jadi pandemi ditanah air. Setiap harinya, ada saja warga yang terpapar wabah yang menyerang sistem pernapasan itu. Kondisi inilah yang mendorong Kementerian Agama (Kemenag) Sultra terus mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak). Tak terkecuali bagi jamaah di rumah ibadah.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad meminta semua jamaah wajib mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan. Penerapan prokes sudah diatur dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 tahun 2020 tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman terbebas dari covid-19. “Dalam surat edaran itu sudah jelas diatur bahwa seluruh jamaah wajib menerapkan prokes saat berada dirumah ibadah. Pakai masker, mencuci tangan pada wadah yang telah disiapkan dan menjaga jarak. Saya sarankan jika masyarakat melihat kondisi rumah ibadah, masjid misalnya penuh itu sebaiknya beribadah dirumah saja,” kata Fesal.

Menurutnya, langkah itu adalah keputusan yang tepat agar tidak menimbulkan klaster (sumber penularan) baru. “Kalau ramai-ramai di masjid kita tidak tahu ada jamaah yang masuk kategori OTG (orang tanpa gejala). Nah ini yang kita khawatirkan. Sebenarnya untuk kapasitaa masjid juga kita sudah atur. Itu maksimal 20 persen saja atau sekitar 30 jamaah saja,” kata Fesal. Selain merujuk pada SE Menag Nomor 15 tahun 2020, pihaknya melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) di tingkat daerah hingga kelurahan di-back up penyuluh agama intens mengedukasi jamaah agar tetap berdisiplin prokes, “Meskipun sudah ada vaksin, tapi saya sarankan jamaah tetap patuhi protokol kesehatan. Karena hanya cara itu yang paling efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dimanapun kita berapa. Termasuk rumah ibadah,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy