Kajati Sultra Gandeng Kendari Pos Menangkal Radikalisme dan Terorisme – Kendari Pos
Nasional

Kajati Sultra Gandeng Kendari Pos Menangkal Radikalisme dan Terorisme


KENDARIPOS.CO.ID — Media massa memiliki peran penting dan strategis dalam proses penegakan hukum di tanah air, termasuk tugas yang ditunaikan jajaran Kejaksaan. Akurasi informasi yang disampaikan media massa ke publik diyakini dapat meningkatkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Korps Adhyaksa.

Kepala Kejati Sultra, Sarjono Turin (empat dari kanan), Wakajati Sultra Akhmad Yani (tiga dari kanan), Asdatun Kejati Sultra, Jaka Suparna (dua dari kanan), Asintel Kejati Sultra, Dian Frits Nalle (kanan), Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (empat dari kiri), Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (tiga dari kiri), Wadir Kendari Pos, Agus Tranhadi (kiri) dan Manajer Iklan Kendari Pos, Awal Nurjadin usai kunjungan silaturahmi di Kantor Kejati Sultra, Senin (18/1).

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara, Sarjono Turin sangat mendukung tumbuh kembangnya media massa di Bumi Sultra. Kehadiran media massa sangat vital dalam “memerangi” berbagai macam berita yang tidak tepat. Produk media massa berperan nyata mereduksi fitnah dan misinformasi yang menyerang dan mendeskreditkan institusi Kejaksaan.

“Sinergisitas Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara dengan harian Kendari Pos dalam penyajian berita diharapkan mampu meningkatkan public trust,” kata Sarjono Turin, Kepala Kejati Sultra saat menerima kunjungan Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin dan jajaran di ruang kerjanya, Senin (18/1) kemarin.

Menurut mantan Wakil Kajati DKI Jakarta itu, sudah sejak lama media massa menjadi kontrol sosial dan pilar keempat demokrasi. Karena kebebasan pers digunakan sebagai ukuran untuk melihat demokratisasi sebuah negara. Kajati Sultra Sarjono Turin mengungkapkan Kejaksaan dan media massa itu sama-sama mengedepankan profesionalisme dan independensi.

“Media yang netral berarti media yang bergerak secara independen, kredibel, dan mandiri dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sehingga masyarakat tidak tertipu terhadap fakta yang sebenarnya terjadi. Begitupun kami di Kejaksaan, karena profesionalisme dan independensi menjadikan semua masyarakat sama dihadapan hukum,” jelas Sarjono Turin yang didampingi Wakajati Sutra Akhmad Yani, Asintel Kejati Sultra, Dian Frits Nalle dan Asdatun Kejati Sultra, Jaka Suparna.

Pada sisi lain media massa berfungsi sebagai sarana kritik terhadap kekuasaan dan kontrol masyarakat. Kajati Sultra Sarjono Turin menjelaskan pada prinsipnya Kejaksaan Tinggi Sultra tidak anti kritik selama konten kritik bersifat membangun. Jangan didasari opini dan kebencian, namun harus ada data dan fakta.

“Pemberitaan itu sifatnya edukasi lebih bagus lagi jika mampu menginspirasi masyarakat. Lebih luas lagi, media massa mampu mendorong masyarakat menangkal radikalisme dan terorisme yang jadi musuh bersama,” tutur Kajati Sarjono Turin.

Media massa dengan akses informasi yang luas memiliki peran sangat penting mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme. “Selain itu media massa berperan dalam menyosialisasikan pembinaan hukum ke masyarakat yang diinisiasi Kejaksaan yakni program Jaksa Menyapa,” ungkap Kajati Sarjono Turin.

Sementara itu Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan era disrupsi membawa perubahan secara fundamental yang mengubah sistem, tatanan, dan landscape kehidupan. Di era kekinian, masyarakat begitu mudah menyerap beragam informasi melalui media sosial. Masyarakat kadang tidak dapat membedakan informasi yang berdasarkan fakta dan berita hoaks.

Untuk itu Kendari Pos hadir dengan inovasi tanpa mengurangi kualitas pemberitaannya yang menyajikan fakta dan layak untuk dikonsumsi masyarakat. Kendari Pos pun sangat mendukung kerja-kerja Kejaksaan di Sultra.

“Saya berharap sinergisitas Kendari Pos dan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara terus terjaga,” ujar Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin yang didampingi Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi, Wakil Direktur Kendari Pos, Agus Tranhadi dan Manajer Iklan Kendari Pos, Awal Nurjadin. (ndi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy