Jalan Mulus Menuju Singgasana – Kendari Pos
Politik

Jalan Mulus Menuju Singgasana

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga dari tujuh kabupaten Pilkada di Sultra tak masuk dalam perkara sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Pasangan Calon (Paslon) peraih suara terbanyak di daerah itu telah diketahui (lihat grafis). Jalan mereka menuju singgasana tanpa sandungan, tinggal menunggu pleno penetapan pemenang oleh KPU masing-masing daerah.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir mengatakan belum menerima surat resmi alias petunjuk teknis dari KPU RI untuk melakukan pleno penetapan pemenang pilkada. Bila suratnya sudah ada, maka KPU kabupaten segera menetapkan jadwal pleno.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir (tengah) memimpin rapat persiapan menghadapi sidang sengketa pilkada di MK, kemarin.

Sementara itu, Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Konut, Prasetyo Hariwibowo mengatakan pleno pemenang pilkada dijadwalkan antara 21 atau 22 Januari mendatang. Dua tanggal itu dipilih, karena pihaknya masih menunggu surat resmi dari KPU tentang petunjuk teknis pleno. “Kalau hari ini surat KPU sudah ada, maka kita akan tetapkan tanggalnya,” argumentasinya.

Ia mengungkapkan pleno pemenang pilkada, paling lama lima hari setelah ada pengumuman dari MK tentang daerah yang berperkara. Karena Konut tak bersengketa, maka tinggal menunggu surat KPU pusat agar bisa melakukan pleno pemenang Pilkada. “Kalau pleno, kita akan undang semua peserta pilkada dan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Hal yang sama disampaikan Ketua KPU Koltim Suprihaty Prawaty Nengtias. Pihaknya menjadwalkan pleno penetapan paslon terpilih antara 19-23 Januari 2021. Tetapi, kata dia, lembaganya telah menetapkan 20 Januari untuk melakukan penetapan pemenang Pilkada, jika telah ada instruksi KPU RI.

Namun jadwal itu bisa saja berubah, karena harus menyesuaikan dengan petunjuk KPU. “Kalau waktu yang ditetapkan itu masih tentatif sambil menunggu petunjuk KPU RI. Kalau sudah siap semua, sesuai tahapannya, maka kita langsung rapat pleno penetapan paslon terpilih,” kata Suprihaty. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy