Jaga Kerukunan, Kemenag Konkep Rangkul Seluruh Umat Beragama – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Jaga Kerukunan, Kemenag Konkep Rangkul Seluruh Umat Beragama

KENDARIPOS.COID — Sebagai negara yang memiliki berbagai macam keragaman, mulai dari agama hingga suku, Indonesia menjadi sedikit rentan dengan ancaman disintegrasi. Untuk mengukuhkan persatuan dan rasa kebersamaan, perayaan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-75 mengusung tema “Kerukunan Indonesia”.

Kepala Kemenag Konawe Kepulauan (Konkep), H. Muhammad Lalan Jaya mengatakan kerukunan antar umat beragama harus senantiasa dijaga demi mempertahankan keutuhan bangsa. Persaudaraan bisa direkatkan dengan menguatkan empati terhadap sesama sehingga tercipta kehidupan yang harmonis dan penuh perdamaian.

Tidak hanya sebatas imbauan, Kemenag Konkep intens turun lapangan. Upaya itu tak lain untuk memastikan kerukunan umat beragama tetap terjaga. Masyarakat diminta saling menghargai dan selalu menjaga toleransi. Aplikasinya, dengan memberikan ruang bagi setiap umat beragama menjalankan keyakinannya.

“Kerukunan menjadi fokus Kemenag. Makanya, kami berusaha merangkul seluruh kalangan. Bulan Juni 2020 lalu, kami juga ikut membuka kegiatan umat Katolik di Desa Wawo Indah,” ujarnya kemarin.

Tidak hanya mengurus umat, Kemenag Konkep juga turut andil memutus rantai penyebaran virus corona. Tempat peribadatan, pengajian dan prasarana publik lainnya menjadi konsern Kemenag. Mulai dari pembagian masker, APD, penyemprotan cairan disinfektan hingga menyosialisasikan protokol kesehatan (Prokes) di rumah ibadah. Langkah ini untuk mencegah timbulnya klaster baru di Pulau Wawonii.

Dalam upaya pencegahan covid-19, pihaknya berkoordinadi dengan Pemerintah (Pemkab) Konkep. Pihaknya langsung turun lapangan mensterilkan tempat pengajian, sarana ibadah, Kemenag Konkep dan sarana umum lainya. “Kami berkomitmen untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Menggandeng tim Biosel SR 2020, beberapa waktu lalu kami berkoordinasi bersama Bupati Konkep, H. Amrullah untuk melakukan sterilisasi penyebaran Covid-19,” kata H. Muhammad Lalan Jaya.

Saat ini, virus yang menyerang sistem pernapasan ini masih terus menghantui. Untuk itulah, ia meminta masyarakat tak lalai menerapkan protokol kesehatan. “Sesuai surat edaran Menag, setiap kegiatan dilaksanakan secara terbatas dan tetap mematuhi Prokes yang ketat,” pintanya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy