Hugua Usul Pilkada Digelar 2024

Hugua

KENDARIPOS.CO.ID — Spekulasi jadwal penyelenggaraan Pilkada serentak belum terjawab. Belum ada kepastian, apakah tahun 2022 atau 2024. Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDIP Dapil Sultra Hugua mengusulkan pilkada digelar di tahun 2024. Hal itu mengacu pada aturan pemerintah nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada. Undang-Undang (UU) tersebut belum berubah hingga kini. Di dalamnya dijelaskan pilkada serentak dilangsungkan dalam dua agenda yakni tahun 2020 dan tahun 2024.

“Internal PDIP sendiri, telah diputuskan dalam kongres. Dan saat HUT ke-48 PDIP, 10 Januari lalu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri menyetujui pilkada tetap dilangsungkan 2024,” kata Hugua kepada Kendari Pos, Senin (18/1).

Spirit pilkada serentak 2024, kata politisi PDIP, agar perheletan demokrasi berlangsung spontan dalam satu paket. Menghindari berkalanya pilkada dan menghindari adanya eksodus. Pengalaman selama ini, sering perhelatan pilkada disusupi figur dari kabupaten tetangga. “Melalui pilkada serentak, hal itu menjadi terminimalisir,” ujar mantan bupati Wakatobi dua periode itu.

Hugua menjelaskan, UU pilkada ini masih dalam dan akan menjadi perdebatan panjang. Setelah dibahas di komisi II DPR Ri dan kini sudah dialihkan ke Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, untuk mendapatkan harmonisasi. Setelah itu akan dikembalikan ke komisi II DPR RI untuk di bahas lebih lanjut. “Ketika dibahas nanti, tentu membutuhkan perjuangan fraksi-fraksi. Kalau dari PDIP sudah kukuh yakni 2024. Dan kami tegas dengan keputusan itu,” pungkasnya. (ali/b).

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.