Hari Ini, Hakim MK Umumkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hari Ini, Hakim MK Umumkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi

KENDARIPOS.CO.ID — Empat kepala daerah peraih suara terbanyak di pilkada masih harap-harap cemas. Mereka adalah Rusman Emba (Juara Pilkada Muna), Surunuddin Dangga (Juara Pilkada Konsel), Amrullah (Juara Pilkada Konkep), dan Haliana (Juara Pilkada Wakatobi). Mereka masih harus menunggu restu “Wakil Tuhan” (Baca: Putusan Hakim Mahkamah Konstitusi).

Kalau Hakim MK memutuskan gugatan kompetitornya di pilkada ditolak, maka mereka akan lanjut ditahap selanjutnya sampai pelantikan. Sebaliknya, kalau gugatan diterima, maka prosesnya masih panjang. Kepastian berhenti atau lanjut gugatan akan ditentukan, hari ini (18/1), saat Mahkamah Konstitusi mengumumkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

Melalui BRPK akan diketahui, paslon mana yang tersandung sengketa dan tidak. Bagi yang tidak terlilit polemik pilkada, melalui putusan BRPK, selanjutnya akan mengikuti penetapan paslon terpilih yang ditetapkan oleh KPU kabupaten penyelenggara.

Terdapat empat paslon pilkada 7 daerah di Sultra yang mengajukan gugatan di MK. Yakni, Muhammad Oheo Sinapoy-Muttaqin Siddiq (Pilkada Konkep), Muhammad Endang-Wahyu Ade Pratama (Pilkada Konawe Selatan), Rajiun-La Pili (Pilkada Muna) dan Arhawi-Hardin La Omo (Pilkada Wakatobi).

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, terdapat tiga daerah yang tidak masuk dalam daftar sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Yakni Buton Utara (Butur), Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe Utara (Konut). Namun penetepan paslon terpilih dari tiga Kabupaten tersebut akan dilaksanakan setelah menerima surat instruksi penetapan paslon terpilih dari KPU pusat.

“Setelah pengumuman BRPK, selanjutnya MK akan menyurat ke KPU RI mengenai daerah yang tidak memiliki gugatan sengketa hasil pilkada. Berikutnya KPU RI akan menginstruksikan kepada KPU daerah agar segera menyelenggarakan pleno penetapan paslon pemenang sebagai bupati dan wakil bupati terpilih,” kata La Ode Abdul Natsir Muthalib kepada Kendari Pos, Minggu (17/1).

Mantan Ketua KPU Kota Kendari ini menambahkan, untuk persiapan teknis penetapan, tidak begitu rumit. Ketika keluar intruksi dari KPU RI untuk menggelar penetapan paslon, maka KPU daerah yang bersangkutan akan segera menjadwalkan pleno. Mekanismenya, KPU akan mengundang paslon terpilih, partai politik atau gabungan partai politik serta Bawaslu Kabupaten.

Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, lanjut dia, ditetapkan dalam keputusan KPU Kabupaten. Hasil rapat pleno dituangkan dalam berita acara penetapan pasangan calon terpilih. Di waktu yang sama KPU Kabupaten menyampaikan berita acara kepada DPRD Kabupaten, partai Politik atau gabungan partai politik pengusung paslon. Termasuk akan diserahkan kepada paslon terpilih, KPU RI dan Bawaslu Kabupaten. KPU Kabupaten juga akan mengumumkan penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih di papan pengumuman dan laman KPU Kabupaten atau tempat yang mudah diakses oleh masyarakat selama tujuh hari. “Dalam hal dilakukan pemungutan atau penghitungan suara ulang berdasarkan putusan MK, penetapan pasangan calon terpilih dilakukan setelah hasil pemungutan atau penghitungan suara ulang diputuskan oleh MK,” jelasnya.

Sementara bagi paslon terpilih namun tersandung paradoks pilkada sesuai BRPK MK, kata dia, terlebih dahulu mengikuti proses penyelesaian masalah atau sengketa melalui jalur MK, sesuai dengan isi gugatan paslon yang keberatan. “Jika ada sengketa paslon yang dikabulkan MK, maka kami akan mempersiapkan, seperti kuasa hukum, dan jawaban-jawaban untuk disampaikan pada sidang nanti,” bebernya.

Saat ini, lanjut dia, segala bentuk alat bukti sedang dipersiapkan, baik dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS) hingga KPU Kabupaten. Bukti yang dikumpulkan masih bersifat umum menyeluruh, karena belum diketahui pasti sengketa spesifik yang dikabulkan oleh MK, yang nantinya tercatat dalam BRPK. Jika BRPK sudah diumumkan MK, maka pihaknya akan menyiapkan dalil eksplisit untuk menjawab yang dipolemikkan oleh pemohon.

“Koordinasi dengan KPU Kabupaten khususnya daerah, yang paslon-nya mengajukan gugatan intens dilakukan. Menyiapkan amunisi menghadapi sengketa Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) yang telah dituntaskan KPU Kabupaten beberapa waktu lalu. Untuk teknis spesifiknya, kami menunggu pengumuman BRPK dari MK,” kata Natsir.

Pada prinsipnya, kata dia, lembaganya siap menghadapi gugatan paslon pemohon yang diajukan ke MK. Dengan menyiapkan saksi yang akan memberikan keterangan, kuasa hukum termasuk berkas penunjang sebagai amunisi menjawab segala bentuk dalil yang diajukan oleh pemohon. “Koordinasi dan konsolidasi KPU Sultra dan KPU RI aktif dilakukan. Itu sebagai upaya mematangkan persiapan menghadapi gugatan para paslon,” ucapnya.

Bawaslu Siapkan Dokumen
Laporan Pengawasan

Bukan hanya KPU yang sibuk hadapi gugatan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga tak kalah repot. Saat ini, lembaga yang dinakhodai Hamiruddin Udu itu telah bersiap menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Alat bukti dan dokumen laporan pengawasan telah disiapkan untuk proses peradilan. Ada lima pasangan calon (paslon) pada pilkada di empat kabupaten di Sultra yang akan menguji keputusan penyelenggara ke MK tentang penetapan hasil perolehan suara.

Komisioner Bawaslu Sultra, Munsir Salam menegaskan, bersama Bawaslu empat kabupaten, telah menyiapkan seluruh hasil pengawasan, dilengkapi dengan dokumen pendukung berupa laporan pengawasan (Formulir A), berita acara dan foto-foto pendukung untuk menghadapi gugatan di MK.

“Kami punya data Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu). Data ini akan membantu Bawaslu memetakan lokasi dan detail gugatan,” ujarnya. Lanjut dia, Siwaslu menjadi referensi sangat penting untuk menentukan kejadian-kejadian spesifik di daerah yang dipersoalkan pelapor. Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu menambahkan, pihaknya sudah siap menghadapi gugatan di MK. “Prinsipnya, kami siap memberikan keterangan ke MK berkait dengan semua pokok-pokok gugatan paslon,” tandasnya. (b/ali/ing)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy