Gubernur : Pemimpin Daerah Harus Meyakinkan Warga untuk Divaksin – Kendari Pos
Nasional

Gubernur : Pemimpin Daerah Harus Meyakinkan Warga untuk Divaksin


KENDARIPOS.CO.ID — Vaksinasi Covid-19 belum menyasar masyarakat umum. Sebagian masyarakat diselubungi ketakutan divaksin. Padahal Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersedia divaksin agar masyarakat paham bahwa vaksin itu aman dan halal. Di level lokal, pejabat Pemprov, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dan tokoh agama berpartisipasi. Nah, bupati dan wali kota di Sultra punya tanggung jawab menyingkap “selubung” ketakutan itu. Suksesnya vaksinasi, kini di tangan para kepala daerah di Sultra.

ali mazi

Gubernur Sultra, Ali Mazi ingin program vaksinasi sukses. Kesuksesan vaksinasi di daerah nantinya berada di tangan kepala daerah. Gubernur Ali Mazi pun meminta para kepala daerah se Sultra untuk memahamkan warganya. Caranya dengan intens menyosialisasikan vaksin Sinovac aman dan halal. Sebab, vaksin telah melalui uji klinis, mendapat izin penggunaan dari BPOM dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Saya berharap kepada bupati dan wali kota se Sultra agar aktif menyosialisasikan keamanan penggunaan vaksin ini. Sebagai pemimpin di daerahnya masing-masing harus bisa meyakinkan warganya untuk divaksin. Toh ini demi kesehatan masyarakat juga,” ujarnya, kemarin.

Selain mengedukasi akan pentingnya vaksinasi, kepala daerah harus memberikan contoh. Hal itu sebagai upaya mereduksi berita hoaks yang beredar di masyarakat saat ini. “Para bupati dan wali kota se Sultra harus aktif mengedukasi masyarakatnya. Berikan pemahaman. Dan tegaskan bahwa informasi yang beredar terkait bahaya penggunaan vaksin itu adalah hoaks dan hanya menimbulkan kegaduhan,” imbuh Gubernur Sultra Ali Mazi.

Orang nomor satu di Sultra itu menambahkan, selain kepala daerah, tokoh masyarakat dan MUI harus membantu menyosialisasikan akan pentingnya vaksinasi. Sehingga masyarakat tidak perlu ragu dan dirundung ketakutan. Karena MUI merupakan lembaga kredibel di mata masyarakat selama ini. Vaksin Sinovac sudah difatwakan MUI pusat bahwa produk tersebut halal. “Kami berharap agar MUI membantu meyakinkan masyarakat bahwa tujuan pemerintah dalam vaksinasi ini hanyalah untuk kesehatan masyarakat,” pungkas Gubernur Sultra Ali Mazi.

Vaksin Sinovas kiriman pemerintah pusat dalam dua tahap masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang berjuang di garis depan melawan Covid. Vaksin itu sebagai “perisai” nakes agar tak terpapar Covid. “Vaksin tahap dua ini masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (Nakes). Vaksin tahap awal belum cukup memenuhi kebutuhan vaksinasi para nakes yang bertugas di Sultra,” ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Hj.Usnia kepada Kendari Pos.

Hj. Usnia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Sultra pada tahap pertama berlangsung di daerah penyangga, Kota Kendari dan Kabupaten Konawe. Sasaran vaksin untuk nakes di wilayah Sultra sebanyak 21.243 orang, dan telah terdaftar pada aplikasi P-Care milik Kementerian Kesehatan RI. Jumlah ini tersebar di 17 kabupaten dan kota. Dari jumlah sasaran itu yang telah diregistrasi ulang sebanyak 5.571 orang. Namun yang bersedia divaksin hanya 5.336. Sementara sisanya sebanyak 235 berhalangan untuk divaksin dengan berbagai alasan.

Terpisah, Ketua Harian Satgas Covid-19 Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan, penanganan Covid melalui tracing, testing dan treatment (3T) akan dimasifkan tahun ini. Persoalan utama yang dihadapi pemerintah dalam mencegah penularan Covid adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat. Selain itu, maraknya informasi hoaks menyebabkan masyarakat takut divaksin.

Karena itu, Satgas akan terus bergerak mengedukasi publik agar tidak ragu menjalani vaksinasi. “Saat ini vaksin menjadi satu-satunya cara yang bisa menjaga dan melindungi masyarakat dari Covid-19. Kesadaran masyarakat divaksin Covid-19 juga harus ditingkatkan,” ungkap Nur Endang Abbas. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy