Gubernur Imbau Perbankan Edukasi Debitur – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Gubernur Imbau Perbankan Edukasi Debitur

Gubernur Sultra, H Ali Mazi (kedua dari kiri) saat memberikan arahan dalan Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK), pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID— Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi mengimbau industri jasa keuangan khususnya perbankan agar bersungguh-sungguh memberikan edukasi dan pembinaan kepada debitur dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi.

“Kita harus segera ambil bagian terutama kerjasama perbankan agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Sultra,” ujar Ali Mazi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) yang digelar, pekan lalu.

Dijelaskan, Pemprov Sultra memiliki beberapa program strategis di bidang ketahanan pangan seperti sektor pertanian, kelautan, pariwisata, dan koperasi. Untuk menggerakkan sektor-sektor tersebut, dibutuhkan dukungan modal yang salah satunya bersumber dari perbankan. 

“Perbankan diharapkan dapat memberikan edukasi tentang pentingnya memanfaatkan dana pinjaman dari bank. Jika modal cukup, maka usaha bisa lebih cepat berkembang,” imbuhnya. 

Menurutnya, Sultra memiliki potensi yang begitu besar mulai dari potensi pertambangan, kelautan, hingga pertanian. Jika tidak dikelola dengan baik, maka perekonomian akan mengalami stagnasi yang akan berakibat pada meningkatnya kemiskinan dan pengangguran. Ia menilai, kebijakan pemerintah tentang kredit sudah baik. Namun, ia berharap edukasi dan pembinaan kepada debitur di Sultra lebih ditingkatkan lagi.

“Perbankan jangan hanya memberikan kredit tanpa pembinaan yang berkelanjutan. Harus ada pembinaan agar dana pinjaman tidak disalahgunakan. Kredit macet terjadi karena kurangnya pengawasan,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, Mohammad Fredly Nasution mengatakan, OJK bersama industri jasa keuangan yang ada di Sultra terus berupaya mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan. Dari sisi penyaluran kredit, OJK telah mengeluarkan kebijakan restrukturisasi kredit sebagai langkah membantu meringankan beban ekonomi para debitur di tengah pandemi Covid-19.

“Kita optimis perekonomian akan semakin membaik di 2021 terutama dengan adanya vaksinasi,” ujar Fredly. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy