Ganti Rugi Lahan Jalan Wisata Ditargetkan Rampung Dibulan Maret – Kendari Pos
Metro Kendari

Ganti Rugi Lahan Jalan Wisata Ditargetkan Rampung Dibulan Maret

KENDARIPOS.CO.ID — Pembebasan lahan jalan Kendari-Toronipa akan dilanjutkan. Tahun 2021, Pemprov Sultra telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 155 miliar. Sesuai jadwal, mega proyek Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) ini akan dituntaskan tahun ini. Proyek strategis ini menelan anggaran sekitar Rp 1 triliun.

Progres pengerjaan jalan wisata Kendari – Toronipa sudah memasuki tahap ke dua, Jalan R. E. Martadinata, Kecamatan Kessilampe, Kendari, beberapa waktu lalu.
Pembuatan proyek tersebut masih sesuai target, capaian itu tak lepas dari partisipasi masyarakat dan pemda setempat.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan pertanahan Sultra, Nur Jaya mengatakan pembebasan lahan kawasan jalan wisata Kendari-Toronipa telah dialihkan ke instansinya. Untuk, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Alam (SDA) dan Bina Marga Sultra menyangkut data lahan yang akan dibebaskan.

“Kita targetkan rampung tahun ini. Makanya, kami usulkan anggaran sebesar Rp 155 miliar. Saat ini, masih menunggu ketok palu di DPRD. Kami berharap anggaran yang dialokasikan tak ada lagi pemotongan,” ujarnya kemarin.

Ia optimis ganti rugi lahan bisa dituntaskan. Sebab pihaknya tak lagi melakukan pendataan kembali. Sebelumnya, Dinas SDA dan Bina Marga telah melakukan inventarisasi lahan yang akan dibebaskan termasuk pemilik lahan. “Kita kan tinggal membayar dan tinggal menyesuaikan data saja. Yang mana belum dibayarkan itu yang akan kita tuntaskan. Kita targetkan pada Maret ini semua sudah bisa kita bayarkan secara tuntas, ” harapnya.

Saat ini, pihaknya terus melakukan langkah mendukung seluruh program strategis Gubernur. “Ini harus kita dukung dan kita tuntaskan. Bahkan tahun ini, anggaran di instansinya difokuskan untuk menyelesaikan program strategis AMAN untuk jalan akses pariwisata Kendari-Toronipa. Upaya ini, agar semua bisa tuntas dan masyarakat bisa segera merasakan manfaat dari itu, ” pungkasnya. (b/rah)

Pembebasan Lahan Jalan Wisata
Tahap I (2019) Rp 20 Miliar
-Kawasan Desa Mekar, Desa Bajo Indah dan Kendari Caddi
Tahap II (2020) Rp 50 Miliar
-700 Bidang Lahan dan Bangunan Warga di Desa Tapulaga
Tahap III (2021) RP 155 Miliar (Usul)
-Target Rampung Maret

Jalan Wisata Kendari Toronipa
Tahap I
Anggaran Rp. 144,9 Miliar
Panjang 3,4 Kilometer
Progres Tuntas
Masa Kerja 2019
Tahap II
Anggaran Rp 756 Miliar
Panjang 11 Kilometer
Masa Kerja 2020-Awal 2022

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy