Era Baru Kadin Sultra, Anton Timbang Terpilih jadi Ketua


KENDARIPOS.CO.ID — Ballroom Claro Hotel bergemuruh, semalam. Pendukung tak kuasa menahan diri melakukan selebrasi atas kemenangan Anton Timbang, usai terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra.

Terpilihnya Anton Timbang menjadi momentum era baru Kadin Sultra. Dalam kendalinya, Kadin Sultra akan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menggerakkan roda ekonomi daerah. Anton sudah membuat roadmap kemudahan berwirausaha dan berinvestasi tahun 2021-2026. Sehingga Sultra menjadi tujuan investasi dunia dan peningkatan ekspor.

Wakil Ketua Kadin Kawasan Timur Indonesia Andi Rukman Makkarumpa (kanan) menyerahkan Pataka kepada Ketua Kadin Sultra terpilih Anton Timbang (kiri), usai pelantikan, di Claro Hotel Kendari, Selasa (12/1) malam

Di tangan Anton Timbang, akan terbangun kemitraan strategis dengan pemerintah, sebagai realisasi sinergi percepatan dan perbaikan iklim usaha dengan melibatkan seluruh stakeholder dunia usaha. “Dengan begitu, terpaan berbagai masalah ataupun tantangan ke depan bisa kita selesaikan secara bergotong royong,” kata Anton Timbang kepada Kendari Pos, Selasa (12/1) malam.

“Mendorong pembentukan dewan ekonomi Sultra dan mendorong lahirnya pengusaha baru, dengan memfasilitasi generasi muda untuk melahirkan startup unggulan dan ekonomi kreatif, berbasis dengan inovasi dan teknologi dunia usaha terkini,” ujar Anton Timbang.

Selain itu, ia juga akan meningkatkan pengembangan SDM melalui kolaborasi dengan lembaga pendidikan. Menjalin kemitraan dengan lembaga pembiayaan untuk menyiapkan sumber pendanaan mudah dan murah bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Pembinaan UMKM dengan bertindak sebagai HUP dan fasilitator terhadap investor dan pasar yang membutuhkan produk UMKM Sultra

Konsolidasi dan penguatan Kadin se-Sultra akan dilakoni Anton Timbang. Dia meyakini dengan persatuan yang kokoh akan mendorong percepatan realisasi program kerja Kadin. Yang muaranya akan mengarah pada stimulus perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Tuah Anton Timbang sebagai penantang sangat mangkus. Saking mangkusnya, Anton Timbang meraih 36 suara dan meruntuhkan petahana, La Mandi yang hanya mampu mengoleksi 2 suara. “

Dengan hasil tersebut, langsung menetapkan Anton Timbang sebagai Ketua Kadin Sultra periode 2021-2026,” ujar Muhammad Saleh, Sekretaris Pimpinan Sidang Pemilihan dalam Musyawarah Provinsi VII Kadin Sultra, Selasa (12/1/) malam. Dalam pemilihan tersebut empat Kadin daerah tidak menyalurkan hak suara, yakni Kadin Muna, Mubar, Konut dan Buton.

Musyawarah Provinsi VII Kadin Sultra dibuka Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas. Dia mengatakan ketua terpilih harus tetap bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Menurutnya, Kadin Sultra sejatinya menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendorong akselerasi pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. “Kadin dapat menjadi lokomotif terwujudnya dunia usaha yang kokoh dan berdaya saing,” ujar mantan Bupati Konawe dua periode itu. (ali/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *