Dua Jalur Lingkar Kota Dibangun, Anggaran Disiapkan Rp 203 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Dua Jalur Lingkar Kota Dibangun, Anggaran Disiapkan Rp 203 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Tingkat kepadatan kendaraan di Kota Kendari terus meningkat. Untuk itulah Pemkot Kendari terus meminimalisir berbagi potensi permasalahan kota seperti kemacetan lalu lintas. Tahun 2021 ini, pemerintah akan membangun Inner Ringroad atau Jalan Lingkar Dalam. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan inner ringroad merupakan ruas jalan baru yang akan terhubung dengan jalan utama. Adapun lokasi pembangunannya berada di dua kecamatan yakni Kecamatan Kambu dan Wuawua. Pembangunan dua ruas jalan ini menelan anggaran yang bersumber dari pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 203 miliar.

“Insya Allah, tahun ini kita akan kerjakan. Kita buka dengan lebar jalan 30 meter, supaya bisa mengantisipasi pertumbuhan Kota Kendari 20 – 30 tahun bahkan 50 tahun yang akan datang. Salah satunya untuk mencegah potensi kemacetan ke depan. Jadi kita antisipasi memang sebelum terjadi,” kata Sulkarnain Kadir.

Politisi PKS ini menyebut inner ringroad di Kawasan Kambu nantinya akan menghubungkan Jalan Z.A. Sugianto (Tapal Kuda/Samping RSUD Kendari) dengan Jalan MT Haryono (Pertigaan Kampus UHO). Sedangkan di Kawasan Wuawua akan menghubungkan Jalan MT Haryono (Praja II) dengan Jalan La Ode Hadi (Depan Taman Kali Kadia/Trans Studio). “Hadirnya, dua ruas jalan baru ini kita harapakan bisa membelah arus lalulintas yang mulai macet di Kota Kendari. Nah inilah yang kita coba persembahkan untuk masyarakat kota sebagai bentuk pelayanan kita kepada masyarakat,” cetusnya.

Pembangunan dua ruas jalan ini akan mendorong peningkatan ekonomi bagi wilayah sekitar. “Saya yakin hadirnya inner ringroad ini selain melancarkan arus lalu lintas orang, tentunya juga dapat melancarkan perekonomian. Semua wilayah terhubung, mulai dari sarana pemerintah hingga pusat bisnis kota seperti trans studio (Kendari Park) yang tidak lama lagi akan terbangun,” pungkasnya. (b/ags)

Proyek Inner Ringroad

  1. Dua Ruas Jalan
    -Jalan Z.A. Sugianto-Jalan MT Haryono
    -Jalan MT Haryono-Jalan La Ode Hadi
  2. Anggaran Rp 203 Miliar
    -Bersumber dari Pinjaman PT SMI
  3. Masa Pengerjaan Setahun
    4 Lebar Jalan 30 Meter.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy