DPRD Usul Biaya Transportasi JCH Digratiskan

BAHAS REGULASI: Wakil Ketua DPRD Bombana, Iskandar SE saat memimpin rapat pembahasan Raperda baru di Kabupaten Bombana.

KENDARIPOS.CO.ID — DPRD Kabupaten Bombana mengusulkan biaya transportasi jemaah calon haji (JCH) digratiskan. Karena itu legislator setempat menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang biaya transportasi haji. Dalam regulasi itu, biaya transportasi JCH dari daerah tempat tinggal sampai di embarkasi bakal ditanggung Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bombana.

“Jadi melalui penggodokan Raperda ini, biaya transportasi jamaah calon haji mulai dari daerah asal ke embarkasi, dari embarkasi ke daerah asal rencananya bakal dibebankan oleh APBD,” ungkap Wakil DPRD Bombana, Iskandar SE saat memimpin rapat pembahasan Raperda tersebut, di Sekretariat DPRD Bombana.

Penyelenggaran ibadah haji sejatinya menjadi tanggung jawab dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Termasuk biaya akomodasi hingga transportasi JCH guna menunjang kelancaran pelaksanaan ibadah haji. “Biaya transportasi yang dimaksud sesuai dengan draf yang dibahas yakni, angkutan jamaah haji angkutan barang, petugas dan pengawalan jalan, akomodasi dan komsusmi jemaah haji, hinggga panitia penyelenggara jemaah haji dari tempat tinggal menuju embarkasi.” imbuhnya.

Selain Raperda biaya transportasi haji, kata Iskandar, pihaknya juga tengah melakukan pembahasan Raperda tentang Pengelolaan Barang Hak Milik Daerah. “Dua Raperda ini memiliki fungsi dan manfaat masing-masing. Untuk itu, kita berharap agar pembentukan dua Raperda baru ini bisa berlangsung lancar tanpa hambata, agar bisa di realisasikan secepat mungkin,” tutupnya. (idh/b).

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.