DPRD Muna Minta RAPBD Segera Diajukan – Kendari Pos
Muna

DPRD Muna Minta RAPBD Segera Diajukan


KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna meminta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) segera mengajukan dokumen rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021. Itu karena, batas akhir penetapan hanya sampai 31 Januari 2021. Ketua DPRD Muna, La Saemuna, menerangkan Kementerian Dalam Negeri hanya memberi toleransi hingga akhir bulan terhadap pengesahan RAPBD menjadi peraturan daerah. Makanya, ia meminta TAPD segera mengajukan dokumen, agar lembaganya memiliki rentang waktu melakukan pembahasan.

La Saemuna

“Kita minta segera diajukan karena batasnya hanya sampai 31 Januari,” paparnya, Minggu (10/1). Saemuna mengakui keterlambatan pengesahan APBD tahun ini disebabkan perubahan aplikasi penyusunan dokumen itu dari sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) menjadi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD). Perbedaan kedua aplikasi itu terletak pada format APBD yang dibuat lebih detail. Bahkan sampai pada harga satuan setiap item kegiatan pemerintahan. Meski demikian, nota keuangan tahunan itu tetap harus segera disahkan agar tidak mengganggu percepatan realisasi anggaran.

“Kenapa harus disahkan segera, karena menyangkut realisasi. Ini juga sekaligus menjaga geliat ekonomi di masyarakat,” papar Politikus Partai Hanura tersebut. Sekretaris TAPD Kabupaten Muna, La Mahi, menyebut, penyusunan rancangan APBD sudah hampir selesai dan bisa segera diajukan ke Dewan. Ia optimis proses penetapan tidak akan melewati batas akhir yang ditetapkan. Ia juga menyebutkan jika penyusunan RAPBD tetap mengedepankan asas prioritas dan keterbukaan. “Kita tetap teliti agar tidak ada kesalahan,” urainya.

La Mahi melanjutkan, nilai APBD Muna 2021 sendiri diproyeksikan mencapai Rp 1,3 triliun atau meningkat hampir Rp 100 miliar dari tahun sebelumnya. Peningkatan nilai APBD menyusul masuknya sumber anggaran baru berupa dana insentif daerah, penambahan dana alokasi khusus dan proyeksi pendapatan asli daerah. Sedangkan alokasi APBD masih akan diprioritaskan di sektor infrastruktur dan ekonomi. “Kita berharap aplikasi ini mendukung efektifitas program APBD,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy