DPRD Muna Desak Pilkades Digelar Tahun Ini – Kendari Pos
Politik

DPRD Muna Desak Pilkades Digelar Tahun Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna mendesak penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) dilaksanakan tahun ini. Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) diminta mengalokasikan anggaran Pilkades pada APBD 2021.

Ketua DPRD Muna, La Saemuna menerangkan Pilkades sudah harus dilaksanakan mengingat 116 desa dari 124 desa di Muna sudah mengalami kekosongan jabatan kepala desa. Bahkan ada yang telah berlangsung lima tahun. Pelaksanaan pemerintahan selama ini hanya dijalankan oleh penjabat sementara dari unsur aparatur sipil negara.

“Selain faktor kekosongan itu, Pilkada Muna juga kan sudah selesai. Sehingga alokasi anggaran sudah bisa fokus juga di Pilkades,” jelasnya. Ia berharap APBD 2021 yang akan diajukan kepada legislatif sudah mengalokasikan anggaran Pilkades. Meskipun, nilai dan besarnnya akan diatur sesuai kemampuan keuangan daerah. Menurutnya, selain faktor anggaran, Pemkab harus memikirkan efektifitas pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan desa.

“Pasti ada perbedaan antara penjabat dan defenitif, yang kaitannya dengan efektifitas. Makanya tahun ini Pilkades harus prioritas,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Muna LM. Rusman Emba menyebut Pilkades serentak sudah diagendakan tahun ini. Namun secara teknis, pelaksanaanya direncanakan akan dilakukan bertahap antara, Juni dan November 2021.

Saat ini, Pemkab masih menghitung kemampuan anggaran daerah mengingat proyeksi kebutuhan dananya mencapai lebih kurang Rp 4 miliar. “Kita sudah jadwalkan tahun ini. Mudah-mudahan tidak ada kendala pada Juni dan November,” imbuhnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy