DPR Sebut Minggu Depan Jokowi Kirim Nama Calon Kapolri – Kendari Pos
Nasional

DPR Sebut Minggu Depan Jokowi Kirim Nama Calon Kapolri

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD, memastikan sampai saat ini pihaknya belum memilih nama calon Kapolri baru. Menurutnya, nama-nama yang santer dibicarakan publik belakangan ini masih sebatas spekulasi.

Presiden Jokowi

“Belum sampai kesana. Semua nama yang beredar adalah spekulasi. Finalnya diputuskan oleh Kompolnas untuk kemudian diserahkan kepada Presiden,” kata Mahfud di Jakarta, Kamis (7/1).

Menko Polhukam itu menyampaikan, nantinya nama yang diputuskan Kompolnas akan diserahkan ke Presiden. Untuk selanjutnya dikirim ke DPR RI. “Sebagai ketua Kompolnas saya pastikan bahwa semua nama yang beredar itu masih spekulasi, lempar-lempar bola,” jelasnya.

Di sisi lain, Mahfud memperkirakan Presiden Jokowi dalam waktu dekat sudah menyurati DPR soal calon Kapolri baru ini. Dia memprediksi surat akan dikirim oleh Jokowi setelah DPR RI selesai reses atau repatnya 11 Januari 2021.
“Tapi dari Kompolnas atau ke Kompolnas kan kapan-kapan, bisa besok, bisa tanggal 10 Januari, bisa tanggal 11 Januari pagi,” pungkasnya.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, sampai saat ini belum ada surat dari Jokowi ihwal calon Kapolri baru. Dia memperkirakan surat tersebut akan dikirim ke dewan pada pekan depan, atau pada saat pembukaan masa sidang DPR.
“Sampai hari ini belum (ada surat dari Jokowi), mungkin minggu depan,” kata Dasco saat dikonfirmasi, Kamis (7/1).

Sebagai informasi, anggota DPR RI menjalani reses sejak 12 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021. Pada 11 Januari 2021, wakil rakyat kemudian akan menggelar rapat pembukaan masa sidang.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis baru-baru ini sudah menyurati Presiden Joko Widodo untuk menunjuk penggantinya di Korps Bhayangkara. Surat dikirim mengingat masa pensiun Idham tidak lama lagi. “Kapolri Jenderal Idham Azis telah mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya kepada Presiden Joko Widodo,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono.

Argo mengatakan, surat diserahkan kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Namun, dalam surat tersebut Idham tidak merekomendasikan satu nama pun. Dia hanya menyampaikan akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat.

Idham Azis sendiri akan memasuki masa pensiun sebagai anggota Polri pada Februari 2021. Beberapa nama santer disuarakan akan menggantikannya. Di antaranya, Kabarhakam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy