Dorong Tumbuhnya UMKM, Sulkarnain Permudah Izin dan Bantu Akses Permodalan – Kendari Pos
Metro Kendari

Dorong Tumbuhnya UMKM, Sulkarnain Permudah Izin dan Bantu Akses Permodalan

KENDARIPOS.CO.ID — Kontribusi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Kendari cukup signifikan. Pasalnya, 60 persen perekonomian disumbang pelaku UMKM. Tak heran, Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir sangat memberi perhatian serius pada pelaku usaha kecil dan menengah.

“Wabah Covid-19 berdampak terhadap perekonomian. Salah satunya UMKM. Untuk itulah, Pemkot Kendari berupaya menggairahkan sektor UKM. Mulai dengan berbagai kelonggaran di masa pandemi, namun juga kebijakan lain untuk mendorong tumbuhnya pelaku usaha,” kata Sulkarnain Kadir saat berdiskusi dengan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Komisariat Univeristas Muhammadiyah (UMK), kemarin.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir

Sebagai bentuk dukungan, Pemkot mem-back up UMKM dalam akses permodalan, marketing hingga membranding produk UKM agar berkualitas dan bersaing dengan produk lain. Tidak hanya pasar lokal, bahkan tembus pasar nasional dan internasional. Bukan hanya itu, pihaknya turut mempermudah izin usaha. Dengan begitu, giat UMKM di Kota Kendari terus berkembang.

Saat ini, pihaknya berupapa meningkatkan daya beli masyarakat terhadap UMKM. Termasuk mengalihkan pengelolaan pasar di Kota Kendari dari Bapenda ke Dinas Koperasi dan UMKM. Kebijakannya diharapkan mampu membuat UMKM Kota Kendari “Survive” (bertahan) di tengah pandemi.

Di sisi lain, pihaknya mendorong masyarakat agar bisa berkomunitas atau berkolaborasi untuk mendirikan UMKM. Tujuannya, agar UMKM kembali bergeliat sehingga bisa mengurangi dampak yang ditimbulkan covid-19, terutama dampak sosial ekonomi.

“Kita tahu, di masa pandemi ini banyak saudara kita yang sedang mengalami kesulitan, kalau UMKM hadir setidaknya bisa mengakomodir dan mengurangi pengangguran. Saat ini, kami telah membentuk asosiasi UMKM dimana sebanyak 28 Komunitas telah kami bina,” ungkap Sulkarnain.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga berupaya membatasi usaha modern di Kota Kendari agar UMKM tetap memiliki peluang usaha serta berupaya untuk mendirikan Perusahaan Daerah (Perusda). “Kami telah mengusul ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapat izin mendirikan Perusahaan Daerah (Perusda) Kota Kendari yang nantinya dapat memfasilitasi UMKM di Kota Kendari”, terangnya.

Politisi PKS ini berharap masyarakat khususnya mahasiswa UMK untuk berpartisipasi dalam mendorong geliat UMKM di Kota Kendari, termasuk memberikan saran dan kritik terhadap kebijakan pemkot terkait UMKM. “Tidak ada yang sempurna apa yang kita lakukan, ini kebijakan manusia pasti ada celahnya. Disitulah nanti peran masyarakat khususnya mahasiswa untuk mengkritisi, supaya kita tidak terlena dan larut dalam situasi birokrasi dan mekanisme yang terlalu rumit,” tantangnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy