Dorong Produktivitas Sektor Perkebunan, Bupati Buton Siapkan Bibit Unggul – Kendari Pos
Buton

Dorong Produktivitas Sektor Perkebunan, Bupati Buton Siapkan Bibit Unggul

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Buton La Bakry, salah satu kepala daerah yang visioner. Pembangunan yang digencarkannya selalu berorientasi jauh ke depan. Pembangunan sektor pertanian dan perkebunan pun berorientasi jangka panjang. Tahun 2025 pertanian Buton diproyeksi akan tumbuh lebih produktif.

Bupati Buton, La Bakry (dua dari kanan) bertekad mendorong pertumbuhan sektor pertanian dan perkebunan di daerahnya. Bupati Buton, La Bakry memberikan bibit unggul pala dan kelapa genjang kepada para petani. Selain itu, petani juga mendapat kartu tani.

Umumnya petani di Buton lebih akrab dengan tanaman jangka pendek. Tanaman jangka panjang yang digaungkan Bupati La Bakry dalam program palanisasi dan kelapa genjah sejak tahun 2019, kini sudah diminati para petani. Selain menanam bibit dari pemerintah, sudah banyak petani yang mulai melakukan pembibitan swadaya. Dalam kurun lima tahun, para petani sudah bisa menuai hasil pertaniannya.

Bupati Buton La Bakry mengatakan selama ini petani di Buton hanya akrab dengan tanaman jangka pendek, seperti jagung dan sayur-sayuran. Untuk jangka panjang petani hanya mau menanam jambu mete dan kelapa. Saat ini produksi dari dua komoditas itu terus menurun. Nah, Pemkab Buton memperkenalkan komoditas yang lebih menjanjikan yakni pala dan kelapa genjah. Kelapa genjah dapat berbuah pada usia tanam 3-4 tahun. Umumnya memiliki batang setinggi 12 meter, ukuran buah kecil maksimal 1,5 kg per butir namun jumlah buah per pohon per tahun dapat mencapai 140 butir.

Untuk menarik minat para petani, Pemkab Buton menyiapkan bibit pala unggulan yang didatangkan dari Pulau Banda, Maluku sebagai penghasil pala terbaik. Bupati Buton La Bakry menuturkan pembagian bibit pala dan kelapa genjah yang dimulai tahun 2020 telah disambut antusias petani. Kini, 26 ribu pala dan 15 ribu kelapa genjah kini sudah tumbuh subur di lahan-lahan masyarakat. “Kalau dirawat baik-baik, 3 sampai 5 tahun ke depan sudah bisa panen. Dan itu nilai jualnya menjanjikan,” ujar Bupati Buton, La Bakry kepada Kendari Pos, Selasa (12/1) kemarin.

Bupati Buton, La Bakry menegaskan program penyiapan bibit unggul itu akan tetap berlanjut tahun ini. Bahkan jumlahnya akan ditambah dan petani yang kebagian juga lebih banyak. “Kita siapkan 30 sampai 40 ribu bibit pala dan 10 ribu kelapa genjah,” tambahnya.

Ke depan, tanaman pala dan kelapa genjah itu tidak saja akan menjadi sumber pendapatan petani. Tetapi juga bisa menjadi lokasi wisata alam. Sebab lahan pertanian yang cukup luas dengan tanaman seragam akan menarik minat orang untuk berkunjung menikmati suasana alam yang asri. “Bahkan bisa jadi orang akan menjadikan kita sebagai percontohan bagi daerah lain,” ungkap Bupati Buton, La Bakry.

Suami Delya Montolalu itu mengaku sudah memerintahkan Dinas Pertanian Kabupaten Buton untuk melakukan pendampingan para petani. Jika ada hambatan pada tumbuh kembang tanaman pala dan kepala genjah milik petani agar segera ditangani. “Misalnya ada serangan hama, petani harus diberikan pendampingan dalam menangani dan menangkalnya. Atau ada bantuan pupuk, pokoknya petaninya harus didukung terus,pendampingan harus lebih optimal,” ungkap La Bakry.

Pendampingan petani oleh penyuluh sangat penting agar petani memahami pemeliharaan tanaman. Petani dapat menerapkan tekonologi tepat guna sehingga menghasilkan panen yang melimpah. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy