Disdukcapil Wakatobi Target Maksimalkan Cetak Kartu Identitas Anak – Kendari Pos
Wakatobi

Disdukcapil Wakatobi Target Maksimalkan Cetak Kartu Identitas Anak

KENDARIPOS.CO.ID — Kartu Identitas Anak (KIA) yang dicetak oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi pada tahun 2020 memang melampaui target nasional. Namun, bukan berarti sudah puas dengan pencapaian ini. Pasalnya, cetak KIA di Wakatobi baru mencapai 20 persen. Pada tahun 2021 selain Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Disdukcapil Wakatobi juga akan memaksimalkan pencetakan KIA. Setidaknya cetak KIA harus lebih banyak lagi dibanding tahun 2020. Apalagi pengurusan dokumen ini juga dibutuhkan kerja sama yang baik dengan pihak sekolah masing-masing peserta KIA.

Kepala Disdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, mengatakan, pihaknya akan lebih maksimal lagi. Selain sosialisasi, diharapkan agar data seluruh peserta KIA segera dilaporkan ke instansinya oleh pihak sekolah. “Tapi yang membuat kita bersyukur untuk cetak KIA ini kita lampaui target nasional. Kan target nasional tahun lalu sebesar 20 persen. Kita lebih dari itu yakni 20,19 persen,” terangnya.

Disdukcapil membutuhkan bantuan pihak sekolah serta alat yang memadai. Apalagi saat ini, harus ada laporan dari lembaganya terkait dengan kegiatan yang dilakukan setiap hari atau jam kantor. “Misalnya cetak KTP-el berapa banyak dalam sehari, KIA juga begitu serta dokumen lainnya. Karena sehari saja lupa memberi laporan, kami langsung dapat teguran dari Dirjen Dukcapil. Dan itu sudah kami alami,” akunya.

Kendati demikian, pihaknya juga bersyukur dengan program tersebut. Mengingat selain pekerjaan bisa diselesiakan tepat waktu, kerja seluruh staf dan dirinya juga terukur. “Jadi, kalau bisa diselesaikan hari itu maka harus tuntas juga. Kita upayakan tidak menyeberang lagi ke hari esok. Jadi, kerja kita sekarang terukur dan tepat waktu,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy