Dinkes Sultra Terima 22.960 Dosis Vaksin Sinovac – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Dinkes Sultra Terima 22.960 Dosis Vaksin Sinovac


KENDARIPOS.CO.ID — Ribuan tenaga kesehatan (Nakes) di Sultra yang berjuang digaris depan melawan Covid dibentengi. Pemerintah pusat memberikan tambahan “perisai” nakes berupa 22.960 dosis vaksin Sinovac, kemarin. Sebelumnya, sekira 20.400 dosis vaksin diberikan pemerintah pusat pada 5 Januari lalu.

“Vaksin tahap dua ini masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (Nakes). Vaksin tahap awal belum cukup memenuhi kebutuhan vaksinasi para nakes yang bertugas di Sultra,” ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Hj.Usnia kepada Kendari Pos saat menjemput vaksin di Bandara Halu Oleo, Jumat (22/1) kemarin.

Hj. Usnia mengatakan, 22.960 dosis vaksin ini langsung dibawa ke tempat penyimpanan di kantor Dinkes Provinsi Sultra dan langsung dimasukkan di coolroom dengan pengawalan ketat dari tim kepolisian. “Proses pendistribusiannya ditentukan pemerintah pusat. Kami menunggu arahan dari pemerintah pusat. Sebab koordinasi dan informasi terkait vaksin terpusat di Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” ungkapnya.

Pelaksanaan vaksinasi di Sultra pada tahap pertama sudah berlangsung di daerah penyangga, Kota Kendari dan Kabupaten Konawe. Berdasarkan data per 21 Januari 2021, total realisasi kegiatan vaksinasi mencapai 1.135 orang. Rinciannya 864 orang di Kota Kendari dan 271 orang di Konawe.

“Dari total yang divaksin sebanyak 1.135 orang itu, tenaga kesehatan (nakes) perempuan lebih banyak ketimbang laki-laki baik di Kota Kendari maupun di Kabupaten Konawe. Nakes perempuan yang divaksin sebanyak 791 orang sedangkan laki-laki hanya 344 orang. Adapun kelompok umur yang paling banyak menjalani vaksinasi berada pada interval 31-45 tahun sebanyak 552 orang. Sedangkan sisanya masing-masing terbagi pada kelompok umur 18-30 tahun dan kelompok umur 46-59 tahun,”bebernya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Hj. Usnia menandatangani berita acara penerimaan vaksin Sinovac, Jumat (22/1) kemarin

Sementara, kata dia untuk jumlah sasaran vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) di wilayah Sultra sebanyak 21.243 orang, dan telah terdaftar pada aplikasi P-Care milik Kementerian Kesehatan RI. Jumlah ini tersebar di 17 kabupaten dan kota. Dari jumlah sasaran itu yang telah diregistrasi ulang sebanyak 5.571 orang. Namun yang bersedia divaksin hanya 5.336. Sementara sisanya sebanyak 235 berhalangan untuk divaksin dengan berbagai alasan.

“Jadi ada 10 penyebab sehingga vaksinasi bagi para nakes ini batal atau tertunda, yakni karena mereka mengalami hipertensi saat hendak divaksin. Kemudian menderita penyakit kronis, sedang menyusui, hamil, penyintas Covid-19, menderita diabetes, penyakit paru kronis, jantung, kanker, dan penyakit ginjal. Persentase terbesar karena mengalami hipertensi, yang mencapai 59 orang,”bebernya.

Ditemui terpisah, Sekda Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan, vaksin tahap kedua sudah tiba sekira 22.960 dosis. Pemerintah kabupaten dan kota harus memastikan tempat penyimpanan aman. “Suhu penyimpanan vaksin harus terkontrol. Suhunya minus 2 hingga minus 8 derajat celcius. Kalau suhunya berbeda sedikit maka vaksin akan rusak,” ujar Nur Endang Abbas.

Ketua harian Satgas Covid-19 itu menambahkan, persoalan utama yang dihadapi pemerintah dalam pencegahan penularan adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat. Selain itu, maraknya informasi hoaks menyebabkan masyarakat takut divaksin. Karena itu, Satgas akan terus bergerak mengedukasi publik agar tidak ragu menjalani vaksinasi. “Saat ini vaksin menjadi satu-satunya cara yang bisa menjaga dan melindungi masyarakat dari Covid-19. Kesadaran masyarakat divaksin Covid-19 juga harus ditingkatkan,” ungkap Nur Endang Abbas.

Kiriman 22.960 dosis vaksin Sinovac dari pemerintah pusat tiba di Bandara Halu Oleo,pukul 11.00 Wita, Jumat (22/1) kemarin. Vaksin dijemput Plt Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Hj. Usnia dan dikawal ketat aparat TNI dan Polri. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy