Dinas-PUPR Kendari Bangun 30 Titik Jalan di 10 Kecamatan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari berkomitmen mewujudkan pemerataan pembangunan diwilayahnya. Pada 2020, Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (Dinas-PUPR) membangun 30 titik jalan lingkungan di 10 Kecamatan di Kota Lulo. Hadirnya jalan itu diharapkan bisa semakin memudahkan akses warga metro. Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Kendari, Aswido mengungkapkan kegiatan pembangunan dan peningkatan jalan lingkungan merupakan upaya untuk mensukseskan visi misi wali kota yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasi ekologi (lingkungan), informasi dan teknologi.

“Total ada 30 titik yang kita bangun. Sebagian juga kita tingkatkan kualitasnya dengan perkerasan. Seluruh pekerjaan kami laksanakan sesuai spesifikasi pekerjaan mulai dari volume dan jangka waktu. Pembangunan juga kami percayakan kepada kontraktor yang profesional dan melibatkan warga sekitar. Sehingga hasilnya kini sudah bisa dinikmati warga di 10 Kecamatan,” ungkap Aswido saat meninjau hasil perkerasan dikawasan Puuwatu.

Ia lalu mencontohkan pembangunan Jalan Banda di Kelurahan Watulondo yang kini bisa dinikmati warga sekitar. Selain sudah terbebas dari genangan air jika musim penghujan, ruas jalan ini mampu memangkas jarak tempuh warga Puuwatu yang hendak menuju kawasan Wuawua.
“Warga Puuwatu yang mau ke Wuawua tidak perlu mutar lagi, cukup lewat Jalan Banda itu sudah bisa. Apalagi sudah dilakukan perkerasan. Akses semakin lancar. Setelah dilakukan perkerasan, kami berencana akan melakukan pegaspalan. Mudah-mudahan tahun ini kita aspal,” ujarnya.

Ketua RW 001 Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu Burhan mengaku perkerasan jalan yang dilakukan pemkot sangat membantu mobilitas warga. Pasalnya sebelum dilakukan perkerasan, warga diperhadapkan dengan kubangan jika musim kemarau dan genangan air jika dilanda hujan meskipun dengan intensitas rendah.”Sekarang sudah tidak lagi. Karena jalannya sudah tambah volume ketinggiannya. Sekarang kendaraan juga sudah bisa melintas, dulu sulit karena jalan tidak bagua kondisi. Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah. Dan saya mewakili warga berharap untuk secepatnya diaspal,” kata Burhan.

Terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengapresiasi kerja cepat dan kerja tuntas jajarannya dalam hal ini Dinas PUPR Kota Kendari. Menurutnya, langkah cepat dalam merespon aspirasi warga. Terlebih masalah sarana infrastruktur jalan yang merupakan bagian dari akselerasi pembangunan kota dan pencapaian visi misi daerah yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasi ekologi (lingkungan), informasi dan teknologi. “Kalau jalan terbagun dengan baik, maka akan melancarakan mobilitas warga. Kalau mobilitas warga lancar tentu perekonomian juga lancar. Kalau ekonomi lancar tentu kita akan sejahterah. Oleh karena itu, saya minta semua pihak untuk bersatu, bahu membahu membangun daerah ini menjadi lebih baik. Saya minta masyarakat juga mendukung segala kebijakan pemerintah untuk kepentingan kita bersama,” pungkasnya. (b/ags)

Peningkatan Kualitas Jalan
-Tersebar di 10 Kecamatan
-Anggaran Rp 3 Miliar
-Sumber Dana APBD

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.