Dilewati Sesar Lawanopo, Sultra Rawan Gempa – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Dilewati Sesar Lawanopo, Sultra Rawan Gempa

KENDARIPS.CO.ID — Gempa yang terjadi di Sulawesi Barat (Sultra) berpotensi terjadi di Sultra. Pasalnya, jazirah Tenggara Sulawesi dilewati sejumlah patahan atau sesar. Salah satunya sesar besar Lawanopo yang membentang di Konawe, Konawe Utara (Konut) dan perbatasan Sulawesi Tengah (Sulteng). Sewaktu-waktu, pergeseran lempeng kerap bumi ini menimbulkan gempa bumi.

Kepala BPBD Sultra, Boy Ihwansyah mengatakan daerah Sultra berada di daerah rawan gempa. Tak heran, riwayat gempa di Sultra cukup banyak namun hanya berskala kecil. Indeks bahaya gempa bumi tinggi berada di perbatasan Sulteng dan Konut termasuk Konawe yang berada di sesar Lawanopo. Namun daerah lain indeks bahaya gempa tergolong rendah hingga sedang. “Berdasarkan hasil pemetaan, titik-titik riwayat gempa cukup banyak. Namun karena skalanya kecil, kita kadang tidak merasakan gempa. Hanya saja, kita tetap waspada. Atas dasar itu, kita tetap mengimbau BPBD daerah intens menyosialisasikan waspada bencana. Tapi kita berharap di Sultra akan tetap selalu aman dan terhindar dari segala bencana,” kata Boy Ihwansyah.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin mengatakan aktifitas pergerakan sesar terus dipantau. Untuk pendeteksian dini, pihaknya telah memasang sembilan titik di Sultra. Diantaranya di Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), Konut, Wakatobi dan Baubau. “Kami harap pemasangan alat pendeteksi ini, kita dapat lebih dini mengetahui bila akan tejadi gempa bumi,” kata Rudin.

Potensi gempa di Sultra sambungnya, relatif berskala kecil. Pasalnya, Sultra berada pada segmen sesar mendatar. Meskipun demikian, ia tetap mengimbau masyarakat tetap waspada dmengingat gejala alam belum dapat diprediksi secara pasti. “Gempa tetap ada hanya saja semoga tidak besar. Sepengetahuan kami gempa itu semakin sering terjadi magnitudonya semakin kecil,” ujarnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy