Dikmudora Gelar SSB Persiapan Pelaksanaan AKM – Kendari Pos
Edukasi

Dikmudora Gelar SSB Persiapan Pelaksanaan AKM

Pelaksanaan SSB pada salah satu sekolah di Kota Kendari, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID—Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari terus melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Semua sekolah diharapkan sudah bisa menyelenggarakan pengganti ujian nasional tahun ini.

Untuk itulah, pihak Dikmudora memastikan persiapan Sarana dan Prasarana (Sarpras) di semua sekolah. Teranyar, Dinas yang dipimpin Makmur, M.Pd., melakukan Simulasi Sekala Besar (SSB) untuk mempersiapkan pelaksanaan AKM tahun ini.

Kadis Dikmudora Kendari, Makmur, M.Pd., mengungkapkan untuk menyambut pelaksanaan asesmen nasional, pastinya harus dipersiapkan dengan matang. Terlebih asesmen ini baru pertama kalinya diterapkan pads seluruh satuan pendidikan di Indonesia. Jadi berbagai persiapan teknis itu harus dipersiapkan dengan baik.

“Kami akan terus memantau bagaimana perkembangan persiapan AKM ke depannya dengan terus memberikan arahan serta masukan bagi para peserta didik, melakukan simulasi terkait pelaksanaan asesmen nasional. Mengingat AKM ini dilakukan secara online sehingga memang sangat diperlukan berbagai arahan serta contoh kepada siswa, agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik,” ungkap Makmur, kemarin.

Dijelaskan bahwa tidak semua siswa mengikuti AKM. Pesertanya akan diacak atau random, sesuai keputusan dari pemerintah pusat. Dikmudora di daerah hanya sebatas memfasilitasi saja.

“Tingkat SD hanya diikuti 35 orang, untuk SMP itu sebanyak 45 siswa. Pastinya peserta asesmen akan dirandom oleh sistem dari pusat. Sehingga kita hanya menginput semua data siswa. Artinya bagaimana kami fasilitas sebaik mungkin, agar AKM ini bisa berjalan lancar,” paparnya.

Ketua PGRI Kota Kendari ini juga menjelaskan bahwa yang mengikuti pelaksanaan AKM itu adalah siswa kelas V untuk tingkat SD, dan siswa kelas VIII untuk SMP. Ini dilakukan untuk mempersiapkan mereka, dalam menghadapi ujian sekolah di tahun berikutnya.

“Pelaksanaan AKM untuk tingkat SMP akan dilaksanakan bulan Maret mendatang, sehingga kami persiapankan adalah kelas VIII, dan tingkat SD itu akan dilakukan di bulan Agustus setelah selesai akhir semester atau kenaikan kelas. Untuk itu, yang kami persiapkan mengikuti AKM dalah kelas IV nya,” turupnya. (ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy