Dikbud Sultra Siap Helat Diklat Calon Kepsek – Kendari Pos
Edukasi

Dikbud Sultra Siap Helat Diklat Calon Kepsek

Syaiful, S.Pd.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah tertunda pelaksanaannya tahun 2020 lalu, kini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra memastikan siap melaksanakan Diklat Calon Kepala Sekolah (CKS). Pendidikan khusus kepala sekolah atau Kepsek ini, sebagai salah satu upaya untuk meningkatan mutu pendidikan menjadi lebih maju dan unggul.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikbud Sultra, Syaiful, S.Pd., mengungkapkan menjadi kepala sekolah, pastinya harus melewati beberapa proses tahapan dan tes. Hal ini menjadi tanggung jawab pihak Dikbud Sultra untuk melakukan proses tahapan tersebut.

“Sebenarnya kegiatan Diklat calon kepala sekolah, merupakan agenda tahun lalu yang tertunda akibat pandemi Covid-19, sehingga insyaa Allah Januari ini kami akan menyelesaikan tahapan akhirnya, karena ini menjadi hal penting yang sangat wajib untuk dilaksanakan, agar bisa menciptakan pemimpin yang berkualitas dan berkompeten,” ungkap Syaiful, pekan lalu.

Sebelum mengikuti Diklat, kata dia, dengan 85 peserta terlebih dahulu sudah mengikuti beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi sampai tahapan tes substansi.

“Memang mereka harus mengikuti beberapa tahapan tes, ini membuktikan bahwa untuk menjadi kepala sekolah itu tidak mudah, diperlukan sebuah intelektual yang tajam, manajerial yang kuat, serta jiwa kepemimpinan yang bagus. Karena bagaimanapun kepala sekolah menjadi tameng penting untuk peningkatan kualitas pendidikan, sehingga kami perlu menyeleksi dengan ketat, untuk menciptakan pemimpin yang berkompeten kedepannya,” paparnya.

Lanjut Syaiful, dalam pelaksanaan Diklat nantinya, peserta Diklat akan mendapatkan Nomor Register Kepala Sekolah (NRKS). Ini akan menjadi bukti bahwa mereka telah layak untuk menjadi kepala sekolah. Karena salah satu syarat penting menjadi kepala sekolah harus memiliki NRKS.

“NRKS sangat penting dimiliki kepala sekolah, karena kedepannya itu sangat menentukan, dimana NRKS ini akan terhubung langsung dengan data Dapodik sekolah. Sehingga jika kepala sekolahnya tidak memiliki NRKS maka data keseluruhan sekolah tidak failid, dan tentunya tidak akan mendapatkan bantuan dana bos, serta sertifikasi guru-guru yang dipimpin oleh kepala sekolah yang tidak memiliki NRKS. Upaya ini untuk menghindari adanya pemimpin sekolah yang tidak berkompeten dan akan menjadi langkah awal Dikbud Sultra untuk menatap pendidikan yang lebih baik,” tandasnya. (ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy