Dermaga TPI Kendari Bakal Direvitalisasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Dermaga TPI Kendari Bakal Direvitalisasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kendari bakal diperbaiki. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah memberi sinyal positif usulan Pemkot Kendari. Rencananya, pengerjaannya akan dimulai tahun 2021 ini. Hanya saja, Pemkot belum mengetahui anggaran yang digelontorkan kementerian.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir tak menampik kondisi dermaga di TPI sudah mengalami kerusakan karena belum dilakukan perbaikan sejak dibangun pada 2005 silam. Oleh karena itu, pihaknya telah mengajukan rencana revitalisasi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk dilakukan pembenahan.

“Kementerian (KKP) janjikan kita untuk revitaliasasi TPI. Itu dikarenakan potensi sektor perikanan kita yang menjanjikan. Di mana potensi hasil tangkap yang didaratkan di TPI cukup besar, yaitu berkisar 60 ton per hari,” ungkapnya.

ABD Pelelangan

Pasca direvitisasi, dermaga TPI dapat mengakomodir lebih banyak kapal nelayan dan dapat melancarkan aktivitas “bongkar” hasil laut (ikan) sehingga berdampak pada peningkatan hasil tangkap yang diturunkan di TPI Kendari. “Usulannya sudah masuk di kementerian (KKP), kita tunggu saja tahun ini akan dibenahi,” kata Sulkarnain.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Kendari Andi Sulolipu meminta pemkot segera melakukan pembenahan dermaga. Pasalnya, dermaga TPI Kendari rusak parah dan membahayakan aktivitas bongkar muat hasil tangkapan nelayan (ikan).

“Setelah kami lakukan kunjungan (kunker), kami menemukan beberapa masalah seperti dermaga yang kondisinya rusak parah. Begitu juga pada sejumlah mesin penampung ikan atau klostor juga sudah tidak optimal berjalan. Sehingga kami rekomendasikan untuk diperbaiki segera,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy