Dana Perawatan Rujab Wabup Wakatobi Dihentikan – Kendari Pos
Wakatobi

Dana Perawatan Rujab Wabup Wakatobi Dihentikan


KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah dibangun lebih dari 10 tahun, rumah jabatan (Rujab) Wakil Bupati Wakatobi tak kunjung difungsikan. Bahkan kerap kali menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Meskipun sudah ada rekomendasi dari pihak BPK yang memperbolehkan alih fungsi, bangunan yang tidak jauh dari kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wakatobi justru dibiarkan begitu saja.

Kondisi rujab Wabup Wakatobi yang dituntaskan sejak tahun 2010 namun belum dihuni hingga saat ini. Biaya perawatannya pun kini dihentikan.

Bahkan dalam dua tahun terakhir ini, anggaran untuk perawatan Rujab Wabup Wakatobi tersebut telah dihentikan. Selain tak dihuni, belum ada kebijakan untuk mengalihfungsikan bangunan tersebut. Kepala Bidang (Kabid) Aset, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Dendi, mengakui, Rujab Wabup hampir setiap tahun menjadi temuan BPK. Dibangun sejak tahun 2010 lalu, biaya yang untuk gedung yang telah mengalami kerusakan ini menyerap Rp 1,4 miliar dari APBD.

“Karena belum juga difungsikan makanya biaya perawatan dihentikan. Biasanya hampir setiap tahun dianggarkan. Tapi, tahun lalu dan 2021 ini kita tidak anggarkan lagi. Karena buat apa ada perawatan tapi tidak ditinggali. Kan percuma juga,” terang Dendi, Senin (11/1). Kendati demikian, sampai sejauh ini belum ada kebijakan terkait pemanfaatan gedung tersebut. Bahkan untuk mengalihfungsikan bangunannya pun belum ada kepastian dari Pemkab Wakatobi. Pihak Pengelolaan Aset berharap, bangunan tersebut difungsikan.

“Intinya kalau sudah pasti akan dialihfungsikan maka kita siap untuk menganggarkan. Misalnya direhab. Karena bangunan itu sudah rusak. Apalagi kita pahami bahwa lokasinya jauh dari pemukiman warga. Sehingga ini juga mungkin menjadi salah satu alasan sehingga Rujab belum ditempati,” pungkas Dendi. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy