DAK Rp 1 Miliar Bangun LPM dan P2L – Kendari Pos
Konawe

DAK Rp 1 Miliar Bangun LPM dan P2L


KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2021 ini, pihak Dinas Ketahanan Pangan Konawe mendapat suntikan dana alokasi khusus (DAK) Rp 1 miliar. DAK itu untuk membiayai dua item kegiatan, yakni pembangunan satu unit lumbung pangan masyarakat (LPM) serta pengembangan pekarangan pangan lestari (P2L) pada sembilan kelompok. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar, menjelaskan, LPM merupakan gudang penyimpanan yang difungsikan untuk menampung gabah hasil panen petani. Saat ini di Konawe baru ada dua LPM yang beroperasi. Yakni, LPM di Kecamatan Amonggedo dan Tongauna.

Muhammad Akbar

“Yang ini, lokasi pembangunannya di Desa Nario Indah, Kecamatan Anggotoa. Salah satu basis persawahan di Konawe juga,” ujarnya, Senin (11/1).

LPM itu, lanjutnya, bakal dikelola langsung oleh para petani di wilayah setempat. Paket-paket dalam pembangunan LPM tersebut meliputi penyediaan fasilitas gudang, mesin giling, termasuk lantai jemur untuk mengeringkan gabah. LPM itupun oleh petani, bisa digunakan untuk menyimpan stok beras manakala terjadi fluktuasi harga di pasaran yang bisa merugikan para petani setempat.

“Sehingga petani bisa menitip gabah di LPM sambil menunggu harga jual kembali stabil. Sebab, LPM menjadi gudang pengumpulan beras sebelum dipasarkan,” ungkapnya. Muhammad Akbar menyebut, LPM dapat membantu para petani agar tak merugi saat musim panen raya tiba. Saat itu biasanya spekulan kerap memainkan harga jual beras ke petani. Petani pun terpaksa harus menjual meski rugi karena takut gabahnya rusak disimpan.

“Jadi, petani bisa menyimpan dulu gabahnya di LPM tanpa takut rusak. Ke depan, LPM kita proyeksikan dapat pula membeli gabah hasil panen dari petani. Kita tunggu dulu kondisi keuangan di Konawe bisa stabil, baru selanjutnya kita siapkan stimulannya,” pungkasnya. (c/adi).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy