DAK Dinas PUPR Diplot Rp 25 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Konawe belum bisa memastikan besaran alokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni untuk membiayai kegiatan infrastruktur tahun 2021 ini. Sampai kini, dokumen APBD 2021 masih dalam tahap proses asistensi di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Yang bisa dipastikan pihak Dinas PUPR saat ini hanyalah program kegiatan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 25 miliar.

NOOR JANNAH

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas PUPR Konawe, Noor Jannah, mengatakan, tahun ini ada empat bidang diinstansi itu yang mendapat jatah DAK pusat. Masing-masing, Bina Marga dalam hal pembangunan jalan dan jembatan, Cipta Karya kaitannya dengan penyediaan fasilitas air minum dan sanitasi, Bidang Sumber Daya Air (SDA) untuk fasilitas irigasi, serta kegiatan lain di bidang Perumahan.

“Kita baru bisa pastikan kegiatan yang dibiayai oleh DAK. Karena DAK untuk 2021 memang sudah harus diusulkan jauh hari sejak 2020,” ujar Noor Jannah, kemarin. Untuk mendapat anggaran tersebut, katanya, sebelumnya pihaknya harus terlebih dahulu mengusulkan rencana program kegiatan lewat aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (Krisna). Lewat aplikasi itu kemudian dilakukan asistensi, divalidasi oleh Pemprov Sultra dan diteruskan ke pusat.

Noor Jannah menyebut, dari DAK sebesar Rp 25 miliar itu, sekira Rp 15 miliar diporsikan ke Bidang Bina Marga dalam rangka pengerjaan pengaspalan yang berstatus jalan kabupaten. “Saya lagi minta database jalan. Termasuk jalan yang rusak berat dan rusak ringan. Untuk bidang lain seperti Perumahan kalau tidak salah Rp 1 Miliar porsi anggaran dari DAK. Yang lainnya saya kurang hafal pastinya berapa,” tandas Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Konawe itu. (c/adi)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.