Cegah Suap, Pungli dan Gratifikasi, Inspektorat Terapkan Layanan WBS – Kendari Pos
Metro Kendari

Cegah Suap, Pungli dan Gratifikasi, Inspektorat Terapkan Layanan WBS

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya mencegah perilaku Suap, Pungli dan Gratifikasi (SPG) terus dilakukan Pemkot Kendari. Teranyar, Pemkot melalui Inspektorat mensosialisasikan layanan Whistle Blowing System (WBS). Layanan itu diharapkan bisa meneguhkan komitmen pemkot yang ingin menciptakan birokrasi yang bersih dan terbebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Irban Investigasi Inspektorat Kendari,

Mulyadi menjelaskan Whistle Blowing System merupakan layanan yang disiapkan pihaknya untuk masyarakat yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Pemkot Kendari. “Baik masyarakat maupun ASN tidak perlu khawatir akan identitasnya dirinya. Karena kami akan merahasiakan identitasnya (pelapor).

Inspektorat menghargai informasi yang dilaporkan. Adapun yang menjadi fokus kami kepada materi informasi yang diaporkan,” kata Mulyadi saat sosialisasi WBS di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kendari. Menurut Mulyadi, terdapat beberapa kriteria yang harus terpenuhi agar laporan masyarakat maupun ASN bisa ditindak lanjuti. Seperti harus jelas permasalahannya, siapa yang dilaporkan, dimana lokasinya dan kapan waktu kejadiannya, “Itu penting dipenuhi agar memudahkan kami melakukan investigasi. Masyarakat bisa akses fitur aduan pada Aplikasi Jaga Kendari (Jari) namun sebelumnya sudah melakukan pendaftaran (login aplikasi),” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris DLHK Kendari Arifin Rauf menyambut baik pelaksanaan sosialisasi WBS. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif karena dapat membantu pemkot dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. “Saya kira ini bagus dan membantu Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaporkan pelanggaran yang berada di unit kerjanya, agar terwujud pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi,” tuturnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy