Cegah Penularan Covid-19 Varian Baru, Warga Dilarang ke Luar Negeri

Pemerintah Kota Kendari melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian keluar negeri. Upaya tersebut dilakukan untuk mencegah potensi penularan varian baru covid-19 yang saat ini menjadi pandemi dibeberapa negara salah satunya Inggris. Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Kendari, dr Algazali Amirullah mengatakan, pelarangan warga bepergian keluar negeri juga sudah diatur dalam Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 nomor 3 tahun 2020 tentang protokol kesehatan perjalanan orang selama libur Nataru.

“Di situ sudah disebutkan aturan kepergian dan aturan warga ingin masuk atau keluar negeri. Bahkan pemerintah secara resmi telah mengumuman pelarangan WNI untuk bepergian keluar negeri sejak 1 – 14 Januari 2021,” kata dr Algazali. Alasan pemerintah melarang warga bepergian keluarga negeri dikarenakan varian baru covid-19 diluar negeri mudah bemutasi sehingga mudah menular ke manusia.

“Sebenarnya virus Covid-19 itu dari awal-awal itu, sudah terjadi mutasi, variannya sudah sangat banyak, bahkan kami sampaikan dibulan Agustus itu variannya sudah sudah sampai 1.000 lebih. Nah, sekarang ada varian baru itu yang cepat bermutasi seperti yang ada di Inggris sehingga penerintah dengan tegas sudah melakukan pencegahan dengan menutup seluruh akses warga baik yang hendak masuk maupun keluar Indonesia tanggal 1 – 14 Januari,” kata Al Gazali.

Sementara untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah masuk di Indonesia pada 31 Desember 2020 kata dia, itu akan dilakukan pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) sebanyak 2x 24 jam. “Kendati hasilnya negatif, itu tetap dilakukan isolasi selama lima hari dan kemudian dilakukan pemeriksaan PCR lagi dan jika negatif baru kemudian bisa melanjutkan perjalanan,” kata dr Algazali. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *