Bupati Kolut Fokus Wujudkan Revitalisasi Kakao dan Bandara – Kendari Pos
Kolaka Utara

Bupati Kolut Fokus Wujudkan Revitalisasi Kakao dan Bandara


KENDARIPOS.CO.ID — 17 tahun lalu, Kolaka Utara (Kolut) menjadi kabupaten dan terpisah dari Kabupaten Kolaka. Di usia belia ini, ibarat gadis remaja yang sedang giat-giatnya menata dan merias diri untuk tampil cantik. Begitu pula, Kabupaten Kolut yang terus berbenah, dan menata diri dengan sentuhan pembangunan infrastuktur dan suprasturktur.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar (kiri) saat blusukan ke pelosok-pelosok Kolut dan mendorong masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

Duet Bupati Kolut, Nur Rahman Umar dan Wakil Bupati Kolut, H.Abbas telah dan akan terus menorehkan karya pembangunan dari seluruh aspek. Entah itu aspek pendidikan, kesehatan, peningkatan kualitas SDM, hingga sektor pertanian dan perkebunan. Semuanya tak luput dari sentuhan pengendali daerah, Nur Rahman Umar-H.Abbas.

Dalam momentum hari jadi yang ke-17 tahun, kemarin, Bupati Nur Rahman Umar menggaungkan komitmennya membangun Kolaka Utara kendati beragam tantangan berat mengadang. Salah satunya adalah pandemi Covid-19.

Bupati Kolut Nur Rahman Umar siap “menerjang” tantangan itu dengan menyiapkan sederet kebijakan strategis. Tentu tanpa mengabaikan peraturan perundang-undangan yang menjadi landasan pijaknya. Nur Rahman Umar menyadari peran masyarakat sangat penting dalam pembangunan daerah. Untuk itu, dia mengajak rakyatnya untuk berkontribusi membangun Kolut.

“Tantangan ke depan semakin berat. Masyarakat harus ambil bagian menyukseskan program pemerintah baik sektor perkebunan, dunia usaha dan lainnya yang telah kami letakkan fondasinya,” ujar Bupati Kolut, Nur Rahman Umar usai upacara hari jadi Kolut yang ke-17 di Lapangan Aspirasi, Kamis (7/1).

Bupati Kolut Nur Rahman Umar mengatakan dirinya bersama H. Abbas (wakil bupati) tak surut langkah merealisasikan program strategis yang sudah diikrarkannya. Program yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kolut itu mesti ditunaikan.
Salah satunya adalah melanjutkan program unggulan revitalisasi kakao. Sebab, Kolut telah menjadi major project sentra kakao nasional oleh Kementerian Pertanian.

Sejak tahun 2020, Pemkab Kolut telah membebaskan lahan dan membangun sejumlah fasilitas dalam rangka revitalisasi kakao. “Tahun ini tentu infrastrukturnya bisa terlaksana dengan melanjutkan yang telah dimulai 2020,” ucap Bupati Kolut, Nur Rahman Umar didampingi Wakil Bupati Kolut, H.Abbas.

Estimasi dana yang bakal digelontorkan pemerintah pusat ke daerah berjuluk Bumi Patowonua itu sekira Rp.80 milliar. “Pemda pun menyiapkan anggaran dari APBD sekira Rp 9 miliar,” tutur Nur Rahman Umar.

Berbekal anggaran Rp 80 miliar itu, pemerintah pusat akan bakal membiayai pembangunan sejumlah unit gedung, mesin produksi dan lain-lainnya. Luas lahan mayor project sentra kakao yang akan digarap sesuai masterplant sekira 10 hektare dan akan ditopang kebun penyangga milik petani seluas 15 hektare. “Ini nantinya berbasis korporasi. Di dalamnya ada pabrik produksi hingga kantor pemasaran. Pokoknya lengkap,” imbuh Bupati Nur Rahman Umar.

Kualitas calon pengelola korporasi ditingkatkan. Pemkab Kolut mengirim mereka menimba ilmu di Provinsi Bali. Di sana mereka mendapat pelatihan tentang pengoperasian major project tersebut. “Major project ini kan terealisasi atas usulan kami dan tentu waktu pengoperasiannya bergantung pusat karena mereka yang membiayai,” tutur Bupati Nur Rahman Umar.

Bukan hanya di sektor perkebunan, Pemkab Kolut berupaya mempercepat realisasi pembangunan bandar udara (Bandara) di Kecamatan Kodeoha. Pemkab dan DPRD Kolut telah berkoordinasi ke pemerintah pusat terkait realisasi pengerjaan fisik bandara. Bupati Nur Rahman Umar mengungkapkan bandara itu nantinya meretas jalur transportasi udara di Kolut hingga daerah-daerah lainnya. “Paling lambat tahun 2023 bandara itu sudah bisa dioperasikan,” pungkasnya. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy