BPBD Petakan Tiga Wilayah Rawan Bencana – Kendari Pos
Buton Utara

BPBD Petakan Tiga Wilayah Rawan Bencana

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Utara (Butur) terus memantau curah hujan di wilayah tersebut. Kawasan rawan banjir telah dipetakan dan masyarakat yang bermukim dekat bantaran sungai diminta waspada jika banjir datang tiba-tiba. Musim penghujan juga rawan terjadi tanah longsor dan cuaca ekstrem.

Kepala BPBD Butur, Yurif Halir, mengatakan, pihaknya telah memetakan tiga kecamatan yang masuk dalam daerah rawan bencana. Ketiga lokasi tersebut terletak di Kecamatan Kulisusu Barat, Bonegunu dan Wakorumba Utara. Olehnya itu, masyarakat yang memiliki tempat tinggal dekat aliran sungai harus terus waspada mengingat curah hujan terus tinggi akhir-akhir ini.

“BPBD memprediksi puncak curah hujan tinggi pada Februari. Diharapkan masyarakat tetap waspada dan siap siaga. Khususnya bagi warga pada wilayah yang setiap tahun menjadi langganan banjir,” ujar Yurif Halir saat ditemui di ruang kerjanya.

Kepala BPBD Butur, Yurif Halir.

Mantan Kabag Umum Setkab Butur itu juga mengimbau masyarakat yang bermukim di bawah pegunungan, bila kondisi hujan tinggi, harus siaga jika sewaktu-waktu terjadi tanah longsor yang bisa mengakibatkan korban jiwa.

Demikian juga kondisi cuaca ekstrem yang tidak menentu dengan tinggi gelombang laut. “Bila tidak terlalu penting dalam berurusan antar pulau, sebaiknya ditunda sambil menunggu kondisi cuaca bisa membaik. BMKG terus mengupdate gelombang tinggi di perairan Sultra,” kata Yurif Halir.

BPBD terus siaga satu ketika ada bencana menerjang daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara tersebut. Saat ini siaga 24 diberlakukan. Kendati demikian, tentu semua berharap tak ada bencana yang terjadi, apalagi jika sampai merenggut nyawa dan menimbulkan kerugian materil. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy