BNNP Sultra Gelar Work Shop P4GN – Kendari Pos
Metro Kendari

BNNP Sultra Gelar Work Shop P4GN

KENDARIPOS.CO.ID — Penyalagunaan Narkoba di Sultra cukup memperihatinkan. Tiap tahun, jumlah penggunaan narkoba terus meningkat. Untuk itulah, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra terus berupaya memberantas peredaran narkoba. Tidak hanya melalui penindakan, namun juga mengedukasi warga tentang bahaya narkoba.

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting mengatakan pelaku dunia usaha atau lingkungan swasta termasuk golongan yang rentan menjadi sasaran peredaran narkoba. Untuk itu, pihaknya memberikan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan konsekuensi yang dihadapi penggunanya.

PERANGI NARKOBA : Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting (tengah) bersama peserta Workshop P4GN, di Hotel Claro, Selasa (19/1).

“Upaya menekan penyebaran gelap narkotika menjadi tugas semua kalangan masyarakat. Narkoba merupakan musuh bersama tak terkecuali pegiat dunia usaha atau lingkungan swasta. Makanya, kami terus mengingatkan masyarakat,” jenderal bintang satu ini dalam Work Shop Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN) yang berlangsung di Hotel Claro, Kota Kendari, Selasa (19/1).

Workshop di lingkungan dunia usaha atau swasta kata dia, merupakan salah satu cara menanggulangi ancaman narkoba yang ada di beberapa tempat kerja. “Kegiatan ini diikuti peserta dari berbagai instansi perusahaan swasta ini, membahas strategi pemberdayaan pihak swasta dalam P4GN,” ungkapnya.

BNNP kata dia, akan terus membentengi lingkungan swasta untuk membentuk penggiat anti narkoba. Utamanya dikalangan swasta yang mandiri dan terampil agar dapat mensosialisasikan dan mengimplementasikan aksi P4GN di lingkungan masing-masing. Ia menjelaskan, berdasarkan undang-undang nomor 35 tahun 2009. Disebutkan peran serta masyarakat sudah diatur dalam pasal 104 untuk ikut berperan dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba.

“Peran serta masyarakat sudah diatur dalam pasal 104 sampai 108 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 dalam pencegahan dan penyebaran narkoba,” ujarnya.

Program P4GN lanjut dia, dilakukan di empat lingkungan yakni lingkungan instansi pemerintah, swasta, pendidikan, dan masyarakat. BNN tidak bisa kerja sendiri, tetapi harus melibatkan berbagai stakeholder terkait, dalam menjalankan program P4GN di Provinsi Sulawesi Tenggara. Para penggiat anti narkoba ini, adalah orang-orang yang mengabdikan diri secara sukarela dalam program P4GN. Mereka harus menyelamatkan para pecandu yang sudah dijadikan market dari para pengedar narkotika. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy