Beri Kemudahan Usaha, Wali Kota Kendari Gratiskan Pengurusan Izin – Kendari Pos
Metro Kendari

Beri Kemudahan Usaha, Wali Kota Kendari Gratiskan Pengurusan Izin

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir tak henti menghadirkan kemudahan bagi warganya. Teranyar, dia menggaratiskan pengurusan izin usaha bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Upaya itu diharapkan bisa mendorong masyarakat agar mau berusaha sekaligus sebagai upaya pemerintah menjaga keberadaan UMKM sebagai tonggak perekonomian daerah.

Sulkarnain mengungkapkan sekitar 80 persen jenis perizinan yang ada di Kota Kendari digratiskan. Upaya itu dilakukan untuk membantu masyarakat khususnya pelaku UMKM yang baru akan memulai bisnisnya bisa hadir dan eksis meramaikan pasar UMKM di Kota Kendari. “Kami ingin UMKM di masa pandemi ini masih bisa bertahan dan membuat warga mandiri sehingga menghilangkan ketergantungan masyarakat akan bantuan pemerintah. Kami terus menghadirkan peluang ini,” kata Sulkarnain Kadir.

Lanjut dia mengungkapkan, sebenarnya kebijakan menggratiskan pengurusan izin berusaha bagi pelaku UMKM itu sudah ada sejak lama. Hanya saja, tidak terpublikasi dengan baik. Nanti ketika pandemi covid-19 kemarin, baru kemudian digaungkan kembali oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kendari. Pasca kebijakan itu sambungnya, pengurusan izin usaha meningkat. Tahun 2020 lalu, realisasi perizinan meningkat hingga 120 persen. “Alhamdulillah 2020 kemarin tumbuh 120 persen. Meskipun di ditengah pandemi semangat mengurus izin di PTSP itu naik,” ungkapnya.

“Selain karena mudah dan gratis, salah satu faktor meningkatnya jumlah izin yang dikeluarkan dikarenakan kita berikan pelahanan secara online. Dulu sebelum covid-19 itu kita lakukan 70 persen manual, sisanya 30 persen mengurus secara online. Alhamdulilah sekarang terbalik, 70 mengurus online, dan 30 persen yang mengurus secara manual,” tambahnya. Terkhusus pengusaha besar, kata Sulkarnain, tentunya tidak sama dengan UMKM (gratis). Kendati demikian, lanjut dia, sudah ada beberapa kebijakan yang tentunya akan memudahkan kemudahan bagi pengusaha untuk berinvestasi di Kota Kendari, “Kita terus berupaya menciptakan iklim invetasi yang baik, tentu untuk mengundang para investor untuk berinbestasi di Kota Kendari,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kepala DPMPTSP Kota Kendari Satria Damayanti mengungkapkan, pada 2020 pihaknya telah mengeluarkan sekira 3.500 izin usaha. Angka tersebut terbilang cukup tinggi jika dibandingkan izin yang diterbitkan pada periode yang sama tahun sebelumnya (2019) yang tercatat hanya 2.700 izin. Keberhasilan menerbitkan ribuan izin tak lepas dari kemudahan pelayanan perizinan yang diberikan kepada masyarakat. Misalnya selama pandemi, pihaknya membuka pelayanan perizinan secara online guna mencegah potensi penularan Covid-19.

“Layanan tersebut kami berinama layanan Tanya PTSP, yang dapat diakses pada aplikasi WhatsApp grup (WAG) di bit.ly/ptspkendari, kemudian bisa juga mengkases http://ptsp.kendarikota.go.id atau email langsung ke ptsp.kendarikota.gmail.com. pelayanan dikantor kami juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menghadirkan layanan Weekend Service. Layanan tersebut, lanjut dia, adalah pelayanan tambahan bagi masyarakat yang buka pada hari Sabtu tepat pukul 09.00 – 12.00 wita. “Jadi warga Kota Kendari yang tidak sempat mengurus proses perizinannya karena sedang sibuk bekerja dihari Senin hingga Jumat, itu bisa mengurusnya pada hari libur (Sabtu). Program ini saya yakini bisa menyentuh semua kalangan sehingga mau berusaha,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy