Bantuan Kapal dan Alat Tangkap Jangan Dipindahtangankan !

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah nelayan di Kabupaten Buton kini bisa meraup hasil tangkap ikan yang lebih banyak. Bantuan kapal dan alat tangkap baru saja disalurkan. Pemerintah sebagai penyedia bantuan itu berharap jika alat pendukung tersebut tidak dipindahtangankan. Pesan itu disampaikan langsung Bupati Buton, La Bakry sesaat usai menyerahkan bantuan dimaksud. Kata dia, bantuan yang diberikan tidak boleh dipindahtangankan kecuali dalam kelompok yang ada dalam koperasi nelayan itu sendiri.

“Pakai untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Ini bisnis, setiap penerima bantuan harus menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari bahkan meningkatkan ekonomi keluarganya,” ungkap La Bakry di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pasarwajo. Ia merinci, bantuan sarana dan alat tangkap ikan tersebut berupa 22 unit armada tuna hand line, 47 unit armada katinting dan 50 unit rompong. “Kalau ini dimanfaatkan dengan baik, pendapatan para nelayan dapat disisihkan sehingga dalam kurun waktu setahun bisa mengadakan alat tangkap sendiri secara mandiri,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Ketua DPD II Partai Golkar Buton tersebut berharap, bagi para kelompok nelayan yang belum mendapat bantuan, Pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan berupaya untuk diakomodir di tahun anggaran 2021. Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton, Rasmin Rahman, mengungkapkan anggaran untuk pengadaan bantuan itu berasal dari Dana Alokasi Khusus 2020 dan dana insentif daerah. “Kita dapat dari DAK. Kemudian ada DID awal dan tambahan tetapi ada beberapa penyesuaian karena perubahan, makanya baru bisa disalurkan Januari,” katanya.

Ia mengingatkan, sudat ada aturan dalam pemanfaatan bantuan tersebut. Tidak boleh dipindahtangankan, kelompok nelayan harus memberikan laporan hasil tangkapan secara rutin sebagai bahan evaluasi penerimaan bantuan. “Dan khusus untuk armada penangkap tuna agar mengukur kapal sebagai syarat nelayan memperoleh BBM bersubsidi,” pungkasnya. (b/lyn)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.