Bantu Korban Bencana Sulbar, BNPB Salurkan Rp 4 Miliar – Kendari Pos
Nasional

Bantu Korban Bencana Sulbar, BNPB Salurkan Rp 4 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Meski tertatih, warga Sulawesi Barat (Sulbar), khususnya Mamuju dan Majene mencoba bangkit. Tak mudah, namun mereka tak boleh larut dalam keputusasaan. Untuk itu, dukungan dari semua elemen, termasuk masyarakat Sultra sangat dibutuhkan. Donasi sekecil apapun itu akan sangat berarti bagi mereka. Dukungan serupa juga perlu diberikan kepada masyarakat Kalsel dan daerah lain yang juga tertimpa bencana alam.

Kondisi Kantor Pemprov Sulbar pasca dilanda gempabumi. Kini sudah mulai dibersihkan

Harapan dukungan itu disampaikan Pemprov Sulbar dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Sekecil apapun dukungan masyarakat, sangat berarti bagi mereka di sana (warga Sulbar). Mari dukung Sulbar supaya bangkit dan kita doakan supaya bencana tidak terulang lagi,” ucap Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, kemarin.

Pemprov Sulbar telah melakukan langkah-langkah strategis untuk memulihkan daerahnya. Salah satunya menetapkan status darurat bencana hingga dua pekan ke depan. “Pemerintah Sulawesi Barat telah menetapkan status darurat bencana. Durasi ini bisa berlangsung lebih lama tergantung dari kondisi lapangan. Tahap pertama, satu-dua minggu ini kita harapkan status darurat bisa optimalkan. Seluruh komponen kekuatan yang ada bisa diberdayakan,” jelas Doni.

Sebagai bentuk support, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan awal untuk operasional kebutuhan pokok penanganan gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) sebesar Rp 4 miliar, Sabtu (16/1). Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis dari Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo kepada Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar.

Adapun bantuan tersebut diserahkan sebesar Rp 2 miliar untuk Provinsi Sulbar dan masing masing Rp 1 miliar untuk Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene. Selain itu, BNPB juga telah mendistribusikan 8 set tenda isolasi, 10 set tenda pengungsi, 2.004 paket makanan tambahan gizi, 2.004 paket makanan siap saji, 1.002 paket lauk pauk, 700 lembar selimut, 5 unit light tower, 200 unit velbed, 500 paket perlengkapan bayi, 500.000 pcs masker kain, 700 pak mie sagu, dan 30 unit genset 5 KVA.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bersama Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebelumnya meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Malunda dan Ulumanda, Kabupaten Majene pada hari yang sama. Dalam hal ini, pemerintah Sulawesi Barat telah menetapkan status darurat bencana atas gempa bumi yang menewaskan sebanyak 46 jiwa tersebut.

Turut mendampingi dalam peninjauan lapangan menggunakan penerbangan helikopter sekitar 17 menit dari Mamuju ke Majene yakni Deputi Darurat BNPB Dody Ruswandi dan Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah. Jalur darat yang menghubungkan Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, telah kembali pulih dan dapat dilalui kendaraan pada Sabtu (16/1) sore.

Sebelumnya jalur poros Majene-Mamuju dilaporkan lumpuh setelah tertimbun longsor di 3 titik. “Alhamdulilah jalur Majene-Mamuju fix A1 sudah tembus,” kutip Kepala Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB, Bambang Surya Putra. Adapun jalur tersebut dapat kembali dibuka setelah Dandim 1401/Majene, Letkol Inf Yudi Rombe dari Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin, menugaskan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 8/SMG untuk membuka akses menggunakan alat berat.

Sabtu (16/1), gempa dengan kekuatan 5,0 Magnitudo kembali terjadi di Kabupaten Majene, pukul 06.32 WIB. Gempa bumi ini dirasakan di daerah Kabupaten Majene III MMI dan berdasarkan permodelan tidak berpotensi tsunami. BPBD Kabupaten Majene menginformasikan belum ada laporan terkait dampak gempa yang berpusat di darat 20 km Timur Laut Majene dan berkedalaman 10 km ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi. Untuk itu BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan. (khf/fin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy