Bank Sampah Induk Kota Unaaha Beroperasi – Kendari Pos
Konawe

Bank Sampah Induk Kota Unaaha Beroperasi


KENDARIPOS.CO.ID — Konawe terus bersolek. Di bawah komando duet Kery Saiful Konggoasa – Gusli Topan Sabara, berbagai terobosan telah dilakukan untuk mempercantik wajah kota Unaaha dan sekitarnya. Upaya ini tak lain untuk mewujudkan Unaaha kota yang bersih dan nyaman. Terbaru, Pemkab Konawe mengoperasikan bank sampah.

Sekab Konawe, Ferdinand Sapan (dua dari kiri) menimbang bobot sampah yang ditabung di gerai Bank Sampah Induk kota Unaaha di kelurahan Asinua

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menargetkan menyediakan gerai bank sampah di 28 kecamatan di Konawe. Untuk saat ini, sebagian kecamatan telah terbangun. Diantaranya, Pondidaha, Wonggeduku, Wonggeduku Barat (Wobar) dan di kompleks perkantoran pemkab Konawe. Belum lama ini, Bupati Konawe melalui Sekab Ferdinand Sapan telah meresmikan Bank Sampah Induk Kota Unaaha di areal Pasar Asinua.

Sekab Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan pengoperasian gerai bank sampah merupakan salah satu taktik pemkab Konawe untuk mengatasi persoalan sampah rumah tangga. Sampah yang masih memiliki nilai ekonomis, bisa dikonversi dalam bentuk tabungan bank sampah. Di atas kertas, produksi sampah rumah tangga yang diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Mataiwoi, terbilang cukup besar. Yakni 40.000 ton sampah tiap tahunnya.

“Kalau semua sampah dibawa ke TPAS Mataiwoi, pasti akan ada permasalahan pengelolaan di sana. Memang ada alat daur ulang, tapi kita harap sampah yang masuk ke TPAS Mataiwoi memang sampah yang sudah tidak bisa diolah,” pinta Ketua TAPD Konawe itu, usai meresmikan Bank Sampah Induk (BSI) Kota Unaaha di kelurahan Asinua, Rabu lalu (20/1).

Besarnya jumlah produksi sampah rumah tangga di Konawe kata dia, disebabkan masyarakat belum memilah dari awal mana sampah yang bisa didaur ulang dan mana yang tidak. Padahal sebagian sampah rumah tangga yang dihasilkan itu masih memiliki nilai ekonomis. Misalnya, limbah kertas, botol air kemasan, kardus, serta lainnya.

Di samping itu pula, pemkab meyakini gerai bank sampah bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk membudayakan menabung di outlet bank sampah yang tersedia. “Karena pada akhirnya sampah itu bisa bernilai ekonomis. Budaya itu yang ingin kita dorong,” ungkap Ferdy, sapaan karibnya.

Limbah yang bisa dikonversi menjadi tabungan di gerai bank sampah sambung Jenderal ASN ini, yakni limbah yang bisa didaur ulang seperti plastik, aluminium, kertas, kardus dan botol bekas. Masing-masing sudah mempunyai harga satuan tersendiri. “Warga penyetor sampah juga akan diberikan buku rekening. Sebab, kita juga berencana bekerjasama dengan pihak perbankan. Keberadaan bank sampah harus dimanfaatkan oleh masyarakat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe, Ilham Jaya, menjelaskan gerai bank sampah Induk di Asinua maupun gerai serupa lainnya di wilayah Konawe, hanya melayani penukaran sampah yang bisa didaur ulang. Limbah warga tersebut, bisa disetorkan di gerai bank sampah untuk ditukar menjadi uang ataupun disimpan di buku tabungan nasabah bank sampah.

“Kita sangat mendukung berdirinya unit-unit bank sampah di Konawe. Kita upayakan bisa tersedia di setiap kecamatan se-Konawe,” ucap Ilham Jaya.

Mantan Sekretaris Dinas (Sekdis) DLH Konawe itu menambahkan, bank sampah Induk di kelurahan Asinua, dilengkapi alat pengolahan sampah untuk dijadikan kompos. Ditempat itu juga tersedia mesin pencacah plastik, termasuk mesin pres sampah. “Jam operasionalnya kami masih atur. Mungkin menyesuaikan dengan hari pasar, yakni Senin, Rabu dan Jumat. Harapan kami, masyarakat sekitar termasuk para pedagang di pasar Asinua bisa memanfaatkan bank sampah Induk ini dengan baik,” pintanya. (b/adi/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy