APBD 2021, Pemkot Kendari Prioritaskan Penanganan Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih jadi pandemi di Indonesia, tak terkecuali di Kota Kendari. Upaya percepatan penanganan wabah yang menyerang sistem pernapasan itu dibutuhkan untuk segera mengakhiri masa suram ini. Maka tak heran, jika Pemkot dan DPRD memprioritaskan penanganannya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) menyerahkan RAPBD Tahun 2021 kepada Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan, kemarin

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, APBD tahun anggaran 2021 Kota Kendari utamanya dari sisi belanja daerah masih fokus terhadap upaya penanganan covid-19. Dia tak menyebut besaran nominal yang akan digunakan. Yang jelasnya, telah diporsikan ke dalam anggaran yang telah ditetapkan sebesar Rp 1,5 triliun.

“Upaya percepatan penanganan covid-19 masih jadi perhatian kita saat ini. Misalnya menyiapkan stimulus bagi siswa terdampak covid-19 yang belum tercover program bantuan pemerintah. Kemudian stimulus UKM dengan memberikan modal usaha, pemberian BST (bantuan sosial tunai), dan belanja alat kesehatan serta penyediaan sarana dan prasarana kesehatan,” ungkap Sulkarnain.

Disisi lain, alokasi APBD Kota Kendari tahun 2021, juga difokuskan pada pendidikan dan kesehatan. Porsinya, masing-masing 20 persen untuk pendidikan dan 10 persen untuk Kesehatan. Adapun alasan pihaknya memprioritaskan penanangan covid dalam APBD tahun ini, sebab sudah menjadi arahan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka pemulihan ekonomi sosial daerah pasca Covid-19.

Lanjut dia, belanja daerah juga diarahkan untuk penanganan persampahan dan kebersihan lingkungan, penerangan jalan, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Sementara untuk pembiayaan daerah, kata Sulkarnain, akan diarahkan untuk pembangunan sarana dan infrastruktur kesehatan beserta peralatan kesehatan, pembangunan jalan dan jembatan dan peningkatan kualitas air minum.

DPRD Kota Kendari memberikan dukungan (support) atas langkah Pemkot memprioritaskan penanganan Covid di APBD 2021. Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengaku kesepakatan antara pihaknya dengan pemkot adalah sebagai bentuk komitmen bersama dalam melakukan pengabdian kepada masyarkat. Ia berharap, hal ini menjadi momentum untuk bangkit bersama dalam suasana pandemi covid-19 untuk mencapai tujuan pembangunan.

“Anggaran sudah ditetapkan, jika pun nanti ada evaluasi, baik dari Kemenkeu maupun Kemendagri, kami akan segera tindak lanjuti. Karena memang saat ini pemerintah menfokuskan untuk percepatan penanganan covid-19,” imbuhnya. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *