Akuntabilitas Parpol dan Pejabat Publik, Oleh : Prof. Eka Suaib – Kendari Pos
Kolom

Akuntabilitas Parpol dan Pejabat Publik, Oleh : Prof. Eka Suaib


KENDARIPOS.CO.ID — Akuntabilitas adalah istilah umum yang menjelaskan setiap organisasi dan pejabat publick harus memperlihatkan misi yang diembannya. Agar dapat dipahami konsepnya, ada ilustrasi dari kasus berikut ini. Di media online, termuat berita, Partai X (inisial) tidak mengusung kader karena sudah mengusul nama tertentu. Nama yang diusung bukan berasal dari Partai X, tetapi dari Partai Z (inisial). Ia dipasangkan dengan nama dari Partai A (inisial). Partai X mengusung nama bersangkutan saat ini masih menjadi anggota DPRD Kota Kendari.

Dosen Fisip Universitas Halu Oleo, Prof. Eka Suaib

Pada kasus di atas, parpol perlu akuntabilitas pada soal penentuan koalisi. Atas dasar apa koalisi dibangun. Kapan waktu yang tepat. Basisnya apa dan seterusnya. Apakah parpol disebut akuntabel jika praktik koalisi hanya dibangun atas dasar pragmatis. Kenapa bukan atas dasar ideologi, visi dan arah perjuangan. Jika pada basis pragmatis, siapa yang memetik keuntungan tersebut. Perlu juga kejelasan, durasi kepentingan, apakah jangka pendek, menengah, atau panjang.

Parpol juga perlu akuntabel pada figur yang akan diusung. Apakah figur yang diajukan dapat menjadi magnet untuk pembentukan koalisi. Soalnya, ikatan pemilih dengan partai yang lemah membuat basis konstituen mereka tidak paralel dengan garis instruksi partai.

Andai partai-partai sudah bulat mendukung figur tertentu, belum serta merta keputusan tersebut diikuti oleh pemilih mereka di tingkat akar rumput. Itu kalau partai yang solid. Bagaimana jika partai yang tidak solid. Apa kriteria yang partai gunakan untuk mengusung figur. Elektabilitas? Popularitas? Kemampuan sumber dana. Tidak masalah.

Parpol juga perlu akuntabel pada fungsi-fungsinya. Salah satunya pada fungsi pengaderan. Parpol perlu menumbuhkan proses seleksi internal yang akan ditampilkan sebagai pejabat publik. Tidak hanya itu, parpol juga juga berperan dan bertanggung jawab dalam pendidikan politik warga supaya bisa ‘melek’ secara politik.

Pejabat publik juga perlu akuntabel pada parpol. Pada contoh ini, maka pejabat publik perlu jelaskan kepada parpol di tempat ia bernaung dan kepada pemilihnya. Mengapa pada parpolnya? Karena saat ini, masih menjadi anggota DPRD mewakili partainya. Logis kenapa akuntabel pada parpol. Saat ingin menjadi anggota DPRD, ada proses yang mesti dilewati. Sejumlah persyaratan, dan parpol memberikan restu. Pimpinan partai membubuhkan tanda tangan pada lembaran agar memenuhi persyaratan. Kalau tidak, KPU akan mencoretnya dan dianggap tidak sah.

Pejabat publik juga perlu akuntabel kepada pemilihnya. Logis, sebab saat dilantik menjadi anggota DPRD maka semua janji-janji saat kampanye perlu diwujudkan. Saat reses berusaha untuk mengumpulkan informasi dan keluhan maupun pengaduan dari daerah pemilihan (Dapil) masing-masing. Setelah itu, melaporkan ke masing-masing komisi tempatnya bergabung. Komisi lalu memberikan laporan dan temuannya ke pimpinan dewan dalam rapat paripurna.

Salah satu bentuk akuntabel, juga bisa memberikan penjelasan bahwa saat ini ada parpol lain yang sudah mencalonkannya berpasangan dengan calon wali kota dari partai lain. Berbagai macam respons dari konstituen, merupakan hal yang wajar dalam alam demokrasi. Ada yang setuju, dan juga yang tidak setuju. Tidak masalah.

Komitmen akuntabilitas perlu ditumbuhkan. Soalnya, kepentingan dalam bentuk program kerja terpadu belum menjadi dasar relasi antara parpol dan konstituen. Cara-cara transaksional seringkali dilakukan oleh elite parpol sehingga seringkali mengingkari konstituen dengan cara transaksional. Bentuknya, jangan hanya dimaknai dengan uang saja, tetapi juga manipulasi sentimen kultural untuk mobilisasi dukungan. Sebab, melalui akuntabilitas, dapat menghindari personalisasi yang kuat. Karena itu, semestinya, parpol melakukan kaderisasi dalam rangka menumbuhkan pemimpin publik yang betul-betul tangguh. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy