ADD Belum Cair, Perangkat Desa tak Terima Honor – Kendari Pos
Kolaka

ADD Belum Cair, Perangkat Desa tak Terima Honor

KENDARIPOS.CO.ID — Para perangkat desa di Kabupaten Kolaka, mengeluh. Pasalnya alokasi dana desa (ADD) triwulan IV tahun 2020 tak kunjung disalurkan. Akibatnya, honor selama tiga bulan sejak Oktober hingga Desember tahun lalu juga belum dibayarkan. “Kami ini sudah tiga bulan tidak terima honor. Padahal pekerjaan di akhir tahun itu sangat padat dan kebutuhan untuk keluarga kami juga banyak yang harus dipenuhi,” keluh salah satu perangkat desa, Selasa (5/1).

H. Poitu Murtopo

Pria yang bertugas pada salah satu desa di Kecamatan Wundulako tersebut berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka segera mencarikan solusi agar para honor perangkat desa tersebut dapat dibayarkan. “Keluarga kami juga butuh makan. Jadi tolong Pemkab juga memperhatikan kami,” pintanya. Kepala Desa Samaturu, Hastu, membenarkan, ADD triwulan IV tahun 2020 tidak dibayarkan. Kata dia, dengan tidak adanya pencairan anggaran tersebut maka honor perangkat desa selama tiga bulan di 100 desa yang ada di Bumi Mekongga juga belum disalurkan.

“Jadi semua perangkat desa di 100 desa itu memang belum dibayar honornya selama tiga bulan. Sebab, di ADD itu porsinya honor perangkat desa. Sementara ADD itu belum disalurkan,” ungkapnya. Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolaka, H. Poitu Murtopo, yang dikonfirmasi kemarin mengakui, pihaknya memang belum menyalurkan ADD triwulan IV tahun 2020. Alasannya, pendapatan asli daerah (PAD) yang merupakan sumber pembayaran ADD tidak tercapai.

“ADD itu bersumber dari PAD. Nah, PAD kita tahun 2020 lalu itu tidak tercapai dan ditambah lagi adanya pemotongan anggaran. Jadi uangnya memang tidak ada makanya belum dibayarkan,” argumennya. Meskipun sudah menyeberang tahun, kata Poitu, pihaknya akan tetap membayarkan honor perangkat desa tersebut. Hanya saja, dirinya tidak dapat memastikan secara detail waktu penyaluran anggaran tersebut.

“Kita akan tetap bayarkan menggunakan Silpa. Jadi nanti pembayaran ADD triwulan IV tahun 2020 bisa bersamaan dengan ADD tahap I tahun 2021. Hanya saja saya belum tahu persis kapan pembayarannya. Yang jelas tahun ini,” janjinya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy