445 Siswa SMKN 1 Kendari Ikut PKL – Kendari Pos
Edukasi

445 Siswa SMKN 1 Kendari Ikut PKL

Suasana pembekalan PKL siswa SMKN 1 Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID —Sebanyak 445 siswa SMKN 1 Kendari mengikuti menjalankan Praktik Kerja Lapangan (PKL), diawal tahun 2021. Meski di tengah pandemi Covid-19, praktik lapangan di berbagai instansi/industri masih dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Panitia Penyelenggaraan PKL, Drs.H. Suyadi, M.Hum., mengungkapkan bahwa PKL merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan siswa SMK.

“Alhamdulillah meski di tengah kondisi yang tidak stabil seperti saat ini, tapi kami tetap bisa melaksanakan PKL yang sudah menjadi tanggung jawab penting yang harus dilaksanakan oleh SMK. Walau dalam penyelenggaraan kami banyak mendapat masalah, mulai dari surat permohonan, sampai kepada izin di Dikbud dan Satgas Covid-19. Dan setelah proses panjang itu, akhirnya kami bisa tetap melaksanakan PKL di berbagai instansi, yang sesuai dengan bidang keilmuan yang kami miliki,” ungkap Suyadi, Selasa (5/1).

Dalam pelaksanaan PKL, lanjut dia, tempat penyelenggaraannya dilakukan di 62 instansi atau dunai usaha industri, yang memang sudah menjadi mitra SMKN 1 selama ini. Meskipun jumlah ini masih sangat sedikit ketimbang tahun lalu yang mencapai 90 kantor.

“Pastinya kami juga mengerti keadaan seperti saat ini, banyak yang tidak mau ambill risiko. Ini pastinya menjadi kendala awal bagi kami, bagaimana bisa untuk mengatasi kekurangan tersebut. Namun dengan berbagai persiapan yang matang, pastinya itu bisa diatasi dengan berbagai negosiasi dnegan pihak-pihak industri. Karena persiapan pelaksanaan PKL, kami sudah rancangan jauh-jauh hari, sehingga segala kemungkinan masalah yang akan terjadi di lapangan itu sudah bisa kami atasi,” tambahnya.

Diakuinya, pelaksanaan PKL hanya dilakukan satu bulan saja. Padahal, praktik lapangan idealnya dilaksanakan selama tiga bulan. Ini dilakukan akibat kondisi pandemi Covid-19, yang tidak memungkinkan melaksanakan PKL dengan jangaka waktu yang lama.

“Kebijakan tersebut pastinya sudah menjadi keputusan bersama guru-guru dan juga pihak industri. Selain memang pelaksanaannya yang terlambat dilakukan, juga untuk persiapan siswa-siswi dalam menghadapi ujian akhir di bulan April mendatang. Sehingga keputusan menyelenggarakan PKL selama satu bulan penuh merupakan keputusan yang tepat,” tandas Suyadi. (ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy