22 Kendaraan Berknalpot Racing Terjaring Razia

KENDARIPOS.CO.ID — Memiliki kendaraan berknalpot racing yang bersuara ngebas atau bising, bagi beberapa orang menjadi kebanggaan tersendiri. Namun bagi masyarakat lainnya, suara knalpot tersebut sangat mengganggu bahkan meresahkan. Menjawab keresahan masyarakat, Satlantas Polres Kendari gencar melakukan operasi rutin knalpot racing bersuara bising di seputaran Kota Kendari. Kasatlantas Polres Kendari, AKP Lesmana Primajati mengatakan razia knalpot racing akan terus dilakukan. Minggu (17/1) sekitar pulu 00.30 Wita, pihaknya menjaring 22 kendaraan baik roda dua maupun roda empat, yang menggunakan knalpot brong atau bising. Rata-rata pengguna knalpot ini berasal dari kalangan remaja bahkan anak di bawah umur.

“Seluruh kendaraan ini merupakan hasil dari penertiban yang dilakukan Satlantas Polres Kendari sejak Sabtu malam (16/1) sampai Minggu dini hari. Operasi ini untuk menindaklanjuti banyaknya laporan masyarakat yang terganggu dan resah dengan kendaraan berknalpot racing,” ungkapnya. Selain dilakukan penyitaan knalpot kata AKP Lesmana Primajati, para pelanggar juga dikenakan sanksi berupa tilang guna memberikan efek jera. Hal tersebut juga mencegah, semakin maraknya aksi balapan liar di Kota Kendari. Sebab sudah banyak sekali aksi, dilakukan para remaja yang meresahkan warga. Seperti melakukan balapan liar serta konvoi kendaraan yang bersuara nyaring.

“Kita akan terus melakukan kegiatan serupa. Ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat. Kami akan memberikan efek jera buat para pengendara yang melanggar aturan,” ujarnya. Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Kendari berperan serta mewujudkan wilayah yang aman dan kondusif. Sebab keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas) adalah tanggung jawab bersama. “Setiap pelanggar akan dikenakan pasal 285 ayat 1 Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dengan ancaman pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” jelasnya. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *