2021, Kapolda Tetap Fokus Tangani Pandemi – Kendari Pos
Metro Kendari

2021, Kapolda Tetap Fokus Tangani Pandemi

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih belum berakhir. Semua pihak dituntut tetap berjuang menghadapi masalah wabah ini. Polda Sultra merupakan salah satu instansi yang turut berperan penting dalam penanganan virus Corona. Tahun 2021, Polda akan memback up full penanganan covid-19. Tidak hanya berkoordinasi dengan instansi terkait, namun juga meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap Prokes.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya mengatakan akan tetap fokus menangani persoalan Covid-19. Dalam penanganannya, pihaknya melakukan tiga langkah. Yakni, penurunan kasus terkonfirmasi positif, peningkatan angka pemulihan dan penurunan angka kematian.
“Untuk mewujudkan ketiga point penanganan tersebut, kepatuhan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 perlu ditingkatkan lagi, kepolisian akan mendorong perubahan perilaku masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan,” ungkapnya.

Upaya ini dilakukan lanjutnya, guna meningkatkan kesadaran masyarakat. Bagi yang melanggar prokes, diberikan hukuman, nasehat dan dorongan. Pihaknya juga akan lebih giat berikan edukasi salah satunya mendatangi peserta didik pada seluruh satuan pendidikan dan menyiapkan materi pendidikan publik. Ada juga sosialisasi, sasarannya adalah masyarakat umum yang target utamanya yakni keluarga, ibu dan remaja. “Selain edukasi dan sosialisasi, kita juga akan fokus melakukan mitigasi, ditekankan pada kelompok masyarakat dan wilayah dengan tingkat kepatuhan prokes yang sangat rendah,” kata jenderal bintang dua ini.

Selama 2020, berbagai kegiatan dalam menekan dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19 sudah dilakukan Polda Sultra. Seperti pembentukan 65 kampung tangguh, mengawal dan mengubur jenazah Covid-19, membagikan alat kesehatan hingga pembagian sembako. Selain itu, pihaknya membuka dapur umum dengan 646 kegiatan, memfasilitasi karantina di rumah sakit Bhayangkara dan menggelegar berbagai operasi terkait penanganan bencana non alam ini.

“Polda Sultra bersama pihak terkait telah menggelar berbagai operasi seperti operasi aman nusa dan operasi yustisi . Melibatkan ratusan personil sasarannya penegakan disiplin prokes. Selama pandemi Covid tercatat 76.473 jumlah kegiatan yang sudah dilaksanakan. Dari ribuan giat itu, Polda Sultra bersama Satuan Polisi Pamong Praja dan TNI, telah memberikan sanksi berupa teguran lisan sebanyak 85.985 orang dan tulisan 7.757 pelanggaran,” terangnya. Tidak hanya itu, sanksi penutupan tempat usaha juga diberikan kepada 22 pengusaha. Di sisi lain, sebanyak 29.928 dikenakan sanksi sosial dan 4 pelanggar dijatuhi denda administrasi. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy