2021 Fokus Tekan Angka Kemiskinan – Kendari Pos
Bombana

2021 Fokus Tekan Angka Kemiskinan

ENDARIPOS.CO.ID — Pada tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten (Peemkab) Bombana terus memprioritaskan maksimalisasi pengentasan kemiskinan. Pemkab menargetkan, angka kemiskinan menjadi 7 persen di tahun 2022 mendatang. Target tersebut diproryeksi Bupati Bombana, H. Tafdil saat menggelar rapat dengan seluruh camat di otoritanya.

“Rasanya berbagai program untuk pengentasan kemiskinan telah kita gelontorkan di setiap tahun. Harapannya angka kemiskinan bisa turun signifikan. Begitupun dengan tahun ini, program pengentasan kemiskinan masih akan terus dilakukan agar target penurunan bisa terwujud dengan segera,” terangnya, Kamis (14/1).
Bombana-1 itu mendorong seluruh camat untuk lebih proaktif lagi mengawal program-program pengentasan kemiskinan yang telah digelontorkan Pemkab di tingkat kecamatan maupun desa dalam membantu masyarakat miskin.

Bupati Bombana, H. Tafdil (kiri, depan) saat memimpin rapat bersama seluruh camat yang ada di otoritanya, membahas target penurunan angka kemiskinan.

Terlebih lagi, program untuk mengatasi kemiskinan itu tidak bisa dilakukan sendiri oleh Pemkab saja. Semua pihak harus terkait, termasuk camat dan juga Pemdes. “Kita harus bergerak cepat. Permaslahan kemiskinan ini harus dituntaskan, setidaknya target 2022 itu harus tercapai. Sebagai camat diharapkan bisa terus proaktif melihat maupun mengamati sebenarnya program apa yang harus dilakukan di masing-masing daerah untuk menurunkan angka kemiskinan ini. Camat juga bisa melakukan koordinasi bersama dengan tenaga sosial sukarela yang ada di wilayah masing-masing, guna mengetahui atau berdiskusi terkait upaya yang bisa dilakukan dalam menanggulangi hal ini,” tuturnya.

Tafdil juga mengingatkan para camat untuk bisa mengawal program pengentasan kemiskinan di daerah. Seperti program bantuan sosial. Jangan sampai ada masyarakat yang menerima ganda karena kesalahan pendataan. “Jangan sampai ada masyarakat yang mendapatkan bantuan dari Dinas Perikanan, kemudian kembali terima di Dinas Pertanian, bahkan Perumahan. Hal-hal seperti ini harus betul-betul dihindari. Jangan sampai ada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, justru malah tidak tersentuh sama sekali,” tegasnya.

Dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bombana disebutkan, program prioritas Pemkab tahun 2021 diantaranya, mendorong pembangunan manusia serta melakukan pengentasan kemiskinan dengan menyediakan prasarana pendidikan dan kesehatan. Juga peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan dasar dan layanan kesehatan melalui Jamkesmas atau Jamkesda serta sistem jaminan kesehatan nasional (SJKN), termasuk pembangunan yang berpihak pada masyarakat miskin melalui penyediaan infrastruktur dasar. Mulai dari rumah layak huni, ketersediaan air bersih, sarana sanitasi dan penerangan melalui Gembira Cerdas, Gembira Sehat, Gembira Taskin dan Gembira Terang. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy