200 Unit Rumah Terdampak Puting Beliung – Kendari Pos
Buton

200 Unit Rumah Terdampak Puting Beliung

KENDNADIPOS.CO.ID.– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wakatobi mencatat, kurang lebih ada 200 unit rumah warga yang terdampak amukan angin puting beliung sepanjang tahun 2020 lalu. Meski tidak ada korban jiwa, fenomena alam tersebut setidaknya telah mengakibatkan rumah warga mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Kepala BPBD Wakatobi, Muhammad Yusuf, menyebut, sebagai leading sektor penanggulangan bencana di daerah, pihaknya mengharapkan kerja sama semua pihak. Utamanya dari Pemerintah Desa dan Kelurahan setempat, agar segera melaporkan kejadian bencana jika terjadi di lingkungan masing-masing. Hal ini penting guna mengetahui jumlah korban dan kerugian yang dialami akibat bencana tersebut.

“Tahun 2020 lalu, untuk bencana angin puting beliung hampir 200 rumah terdampak di Wakatobi. Kami butuh kerja sama semua pihak sehingga laporan itu segera masuk untuk segera ditindaklanjuti,” ujarnya, Senin (18/1). Terkait anggaran, Muhammad Yusuf menyebut, sudah ada instruksi dari Presiden pada tahun 2019 terkait anggaran kesiapsiagaan bencana dari alokasi dana desa (ADD). Katanya untuk anggaran penanggulangan bencana ini, desa mengalokasikan dari ADD maksimal 2 persen.

“Ada instruksi presiden tahun 2019 itu karena rata-rata korban tidak tertolong cepat. Sehingga di pendekatan pelayanan ini desa diberikan anggaran 2 persen dari ADD. Ini diwajibkan, tidak bisa tidak. Apalagi ini ada petunjuknya dan mereka bisa sosialisasi ke masyarakat dan mengundang pihak BPBD,” tambahnya. Muhammad Yusuf berharap agar seluruh desa dan kelurahan cepat tanggap melaporkan jika terjadi bencana di sekitar. Supaya pihak BPBD segera melakukan identifikasi agar para korban segera diberikan bantuan sesuai dengan kerugiannya masing-masing.

“Pemerintah desa punya peran penting dan tentu terkait bencana harus koordinasi secepatnya dengan pihak kami, supaya kita segera lakukan identifikasi,” tambahnya. Kendati demikian, pihaknya menyebut hampir 200 rumah warga Wakatobi yang terdampak angin puting beliung tahun lalu ini telah diidentifikasi. Bahkan pihaknya juga telah menyalurkan bantuan kepada para korban sesuai kerugian masing-masing. Bantuan yang diberikan berupa material seperti kayu, seng hingga semen dan lainnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy