18 Ton Bantuan dari Pemprov dan Warga Sultra untuk Sulbar – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

18 Ton Bantuan dari Pemprov dan Warga Sultra untuk Sulbar


KENDARIPOS.CO.ID — Ribuan warga Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat (Sulbar) yang dilanda lindu berkekuatan 6,2 skala richter masih terselubung duka. Diantara mereka ada yang kehilangan harta benda, dan tempat tinggal. Pemprov Sultra terpanggil mengulurkan tangan dan meringankan penderitaan warga Sulbar. Bantuan diangkut pesawat Hercules milik TNI-AU. Hanya butuh 40 menit bantun itu tiba di Sulbar, kemarin.

Gubernur Sultra Ali Mazi (tiga dari kanan) didampingi Sekprov Sultra, Nur Endang Abbas (kiri), Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya (tiga kiri), Danlanud HLO Kolonel Pnb Muzafar (dua kiri), Danlanal Kendari Kol. laut (P) Andike Sry Mutia (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan korban gempa Sulbar kepada pilot Pesawat Hercules 130 A-1337 Mayor Pnb Fahmi (dua kanan) di Pangkalan Udara HLO, Konawe Selatan, Senin (25/1). Bantuan berupa sembako tersebut dikirim langsung ke Mamuju dan Majene, Provinsi Sulbar.

Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas mengirim bantuan di Pangkalan Udara Halu Oleo (Lanud HLO), Senin (25/1) kemarin. Misi kemanusiaan Pemprov Sultra itu dihadiri Kapolda Sultra Brigjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Danlanud HLO Kolonel Pnb Muzafar, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia dan unsur Forkompimda lainnya.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menunjukkan kepedulianya terhadap warga yang tertimpa bencana di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Bahkan hari ini (kemari red)
Gubernur Sultra, Ali Mazi kembali melepas bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Provinsi itu.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan bantuan yang dikirim merupakan bentuk kepedulian masyarakat Sultra terhadap korban bencana alam di Sulbar. Ali Mazi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan TNI yang memberikan fasilitas untuk pengangkutan bantuan ini melalui pesawat Hercules. “Karena kapasitas pesawat yang terbatas, bantuan yang terkumpul belum terangkut semua sehingga diharapkan pesawat akan kembali lagi, untuk menyalurkan bantuan-bantuan kita,”ujarnya saat melepas pengiriman bantuan melalui pesawat Hercules milik TNI AU di Pangkalan Udara Halu Oleo (Lanud HLO), Senin (25/1) kemarin.

Total bantuan yang diangkut sekira 18 ton. Bantuan itu berupa sembilan bahan pokok (sembako) dan kebutuhan pokok lainnya. “Sebelumnya Pemprov Sultra juga sudah mengirimkan bantuan yang dikirim melalui jalur darat. Ini merupakan pengiriman bantuan yang kedua dari Pemprov Sultra,”jelas Ali Mazi.

Kendati bantuan yang diberikan mungkin tak seberapa, namun itu merupakan bentuk niat tulus dan kepedulian masyarakat Sultra untuk berbagi dan membantu korban gempa bumi di Sulbar. “Bantuan ini bukan saja dari kami di Pemprov Sultra, tetapi juga dari masyarakat Sultra di berbagai daerah. Kepedulian masyarakat Sultra sangat tinggi. Mereka menggalang bantuan secara sukarela. Bahkan di berbagai sudut Kota Kendari, terlihat warga kita menggalang bantuan, “pungkas Gubernur Sultra, Ali Mazi.

TNI Angkatan Udara (AU) menerbangkan pesawat Hercules TNI AU Indonesia Air Force A-1337 untuk mengangkut bahan logistik dan personel ke wilayah terdampak gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Komandan Lanud Halu Oleo, Kolonel Pnb Muzafar menegaskan dukungannya mengirim bantuan dari Provinsi Sulawesi Tenggara ke Sulbar. Menurutnya pengiriman logistik menggunakan pesawat udara sangat efektif dan efisien sebab hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk tiba di tujuan.

“Selain mengefesienkan waktu tempuh, pesawat ini juga sebenarnya mampu mengangkut beban hingga 18 ton, tetapi kita harus tetap menyesuaikan ruang yang ada di dalam pesawat,” ujar Kolonel Pnb Muzafar.

Kolonel Pnb Muzafar mengatakan TNI AU akan terus mendukung penyaluran bantuan masyarakat khususnya dari Sulawesi Tenggara ke Sulbar. Apalagi Gubernur Sultra, Ali Mazi telah bersurat ke Markas besar Angkatan Udara, meminta dukungan operasi penyaluran bantuan bencana. “Kendati demikian perlu diketahui daerah lain juga melakukan hal serupa, jadi jika ada yang di luar kemampuan kami, mohon dipahami,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam pelepasan bantuan kemanusiaan, turut hadir Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Danlanud Halu Oleo Kolonel Pnb Muzafar, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio, Kepala Dinas Sosial Sultra Armunanto, Kepala Diskominfo Sultra Ridwan Badallah, Kepala BPBD Boy Ihwansyah dan unsur Forkopimda Sultra lainnya. (rah/ndi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy