Wagub Minta Warga Jaga Imunitas dan Patuhi Prokes

KENDARIPOS.CO.ID — Tingkat penyebaran covid-19 di Sultra belum melandai. Hingga kini, jumlah penderita penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini terus bertambah. Untuk mencegah penyebaran, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas tak henti meminta warga mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Disiplin menerapkan prokes kata dia, menjadi cara efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Makanya, anjuran pemerintah harus ditaati. Apalagi jelang perayaan tahun baru 2021. Euforia masyarakat jangan sampai menyebabkan abai menerapkan prokes.

“Pokoknya kita harus patuhi protokol kesehatan dan juga tetap memakai masker. Kemudian rajin cuci tangan dan hindari kerumunan serta tetap menjaga jarak,” kata orang nomor dua di Bumi Anoa ini. Di sisi lain, mantan bupati Konawe dua periode ini meminta masyarakat termasuk ASN tetap menjaga imunitas. Caranya, makan yang berimbang dan tidur yang cukup minimal tujuh jam. Apalagi kasus covid-19 di Sultra belum melandai. Setiap harinya, masih ada warga yang terkonfirmasi positif corona. “Jadi, tetap disiplin. Teruslah jaga Prokes dan terakhir berdoa,” pinta mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini.

Di tempat terpisah, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir turut tetap mengingatkan warga agar tak kendor menerapkan protokol kesehatan. Dia yakin jika masyarakat mematuhi prokes pandemi di Kota Kendari bisa segera berakhir. “Penanganan wabah ini tidak hanya bisa mengandalkan peran dari pemerintah saja, namun diperlukan keterlibatan semua pihak salah satunya warga dalam penanganannya. Caranya adalah disiplin terapkan protokol kesehatan bagi setiap warga,” kata Sulkarnain..

Ketua DPD PKS Kota Kendari ini optimis masyarakat disiplin menerapkan prokes maka potensi penularan virus bisa diantisipasi sehingga kerja tenaga medis akan lebih ringan jika virus ini bisa dikendalikan dan diantisipasi bersama-sama. “Pemerintah sendiri melalui tim yustisi selalu melakukan operasi penerapan prokes, yang melanggar aturan diberi sanksi, tapi sifatnya memberikan edukasi agar saat berada di luar rumah tetap patuhi prokes,” kata Sulkarnain. (c/rah/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *