Tingkatkan Pengawasan, Dishub Gandeng Polri – Kendari Pos
Metro Kendari

Tingkatkan Pengawasan, Dishub Gandeng Polri


KENDARIPOS.CO.ID — Sumbangsih retribusi parkir bagi pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kendari cukup besar. Hingga November 2020, realisasi penerimaan parkir mencapai angka Rp 16 miliar. Atas dasar itu, DPRD Kota Kendari meminta Pemkot mengotimalkan potensi pengelolaan parkir. Tidak hanya itu, Pemkot diminta sigap menertibkan parkir liar.

Sejumlah kendaraan roda empat yang parkir pada tepi ruas jalan MT. Haryono depan Lippo Plaza. Parkir liar pada ruas tersebut terkadang menimbulkan kemacetan. Para pengendara roda empat masih saja membandel meski telah ada larangan parkir

Anggota Komisi I DPRD Kendari, La Ode Azhar menilai pendapatan parkir sudah cukup baik dalam upaya meningkatkan PAD. Akan tetapi, Pemkot harus lebih serius dalam menangani masalah parkir liar yang kian marak. “Jika tidak ditangani bukan hanya menghambat. Tapi akan jadi masalah serius,” ujarnya, kemarin.

Penarikan retribusi di beberapa area kata dia, belum maksimal. Diantaranya, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), pelataran Tugu Religi hingga samping pusat perbelanjaan Lippo Plaza. Jalan Abunawas atau depan Tugu Religi merupakan Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) tidak diperkenankan menarik retribusi. Namun saat malam hari, jalan ini dijadikan lahan parkir oleh segelintir orang. “Parkiran di tepi jalan samping Lippo Plaza bisa diambil alih Pemkot. Sebab berstatus jalan kota. Jadi, Ini jangan dibiarkan,” ujar Azhar.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku intens melakukan pengawasan dan penertiban terhadap pengelolaan parkir yang ada di Kota Kendari. Bukan hanya untuk meningkatkan PAD, namun bagian dari penataan perparkiran secara menyeluruh. Dalam upaya memaksimalkan pegawasan, Dishub diback up jajaran Polres Kendari rutin melakukan penertiban di sejumlah titik yang dianggap sebagai lokasi parkir liar. “Parkir liar akan kita tertibkan, karena itu sudah diatur dalam Perda Kota Kendari Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

Terpisah, Kepala Dishub Kota Kendari, Ali Aksa mengaku siap menertibkan tempat parkir liar atau ilegal yang masih beroperasi di beberapa titik di ibu kota Sultra itu. “Parkir liar itu di antaranya di Taman Kota, Pasar Basah Mall Mandonga, serta di sejumlah halaman pertokoan. Selain bisa semakin tertata, parkir liar ini memiliki potensi PAD,” tuturnya.

Sejauh ini, Pemkot telah mengeluarkan peraturan mengenai lokasi parkir, tetapi pelaksanaannya di lapangan terkendala pada sarana dan prasarana. “Kita sudah ada peraturan Wali Kota tentang lokasi parkir, cuma memang harus didukung dari sarana dan prasarana,” jelasnya. (b/ags)

Kawasan Parkir Liar
TPI Kendari
Pelataran Tugu Religi
Samping Lippo Plaza
Taman Kota
Pasar Basah Mall Mandonga
Sejumlah Halaman Pertokoan

Upaya Penertiban Parkir Liar
-Dishub Gandeng Polres Kendari
-Tingkatkan Pengawasan
-Petakan Potensi Lahan Parkir
-Benahi Kesemrawutan

Retribusi Parkir November Rp 16 Miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy