Target Petani Panen Tiga Kali Setahun, Bupati Konawe Yakin Bisa Suplai Kebutuhan Nasional – Kendari Pos
Nasional

Target Petani Panen Tiga Kali Setahun, Bupati Konawe Yakin Bisa Suplai Kebutuhan Nasional


KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Konawe identik dengan jargon dan predikat lumbung beras. Saban tahun, produktivitas beras di daerah kekuasaan Bupati Kery Saiful Konggoasa selalu melimpah. Bahkan tahun ini, produksi beras petani surplus. Bupati Kery Saiful Konggoasa masih yakin beras yang dihasilkan petani di otoritanya bisa terus mencukupi permintaan lokal maupun nasional.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (kanan) saat blusukan ke sawah dan memastikan produktivitas padi petani terus meningkat. Kery berkomitmen meningkatkan Alsintan di Sultra dan Konawe melalui lobi putranya anggota DPR RI, Fachry Pahlevi Konggoasa di Kementerian Pertanian RI

Semua itu tak lepas dari polesan tangan dingin Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam meramu kebijakan di sektor pertanian. Kabupaten Konawe kian “digdaya” sebagai pemasok beras terbesar dibanding daerah lain di Sultra. Kunci sukses seorang Kery S.Konggoasa memajukan sektor pertanian, dibuktikan dengan produktivitas padi yang terus melejit. Sekali panen saja, petani di otoritanya bisa menghasilkan hingga 200.000 ton beras.

Bupati Konawe Kery S.Konggoasa menuturkan, masa tanam petani padi di Konawe berlangsung dua kali dalam setahun. Sehingga dengan total areal persawahan sekira 42.500 hektare, secara kumulatif, dalam kurun satu tahun beras yang dihasilkan petani bisa mencapai lebih dari 400.000 ton.

“Siklus cocok tanam petani di Konawe baru saja menyelesaikan masa panen kedua di tahun 2020. Semua ladang persawahan sudah dipanen dan kita kembali surplus gabah kering,” ujar mantan Ketua DPRD Konawe itu, kemarin.

Musim panen sebanyak dua kali dalam setahun, rupanya belum memuaskan Kery S.Konggoasa. Ia merasa masih bisa menggenjot produktivitas padi di ladang-ladang persawahan yang membentang dari Kecamatan Pondidaha hingga wilayah bagian selatan dan barat Kabupaten Konawe. Di benaknya, besarnya potensi tersebut harus dioptimalkan dengan baik. Dirinya sesumbar bakal mengupayakan agar masa tanam petani di otoritanya bisa naik menjadi tiga kali dalam satu tahun.

Bupati Kery S.Konggoasa kembali memasang target besar kepada instansi teknis yang bersentuhan langsung dengan petani di otoritanya. “Itu target kita ditahun 2021. Saya akan sediakan benih padi berkualitas. Termasuk pupuknya, akan kita siapkan semua,” beber Bupati Konawe dua periode itu.

Ketua MPP PAN Sultra itu sangat optimis keinginannya tersebut bisa terwujud pada tahun depan. Apalagi saat ini, alat-alat pendukung pertanian sudah terbilang memadai. Sebagai daerah agraris di Sultra, ia menyebut, beberapa bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari pusat sudah didatangkan ke Konawe. Bahkan dirinya kadang melobi bantuan alsintan lewat putra sulungnya sendiri, Fachry Pahlevi Konggoasa yang duduk di Komisi IV DPR RI.

“Kita upayakan bantuan mesin pertanian untuk petani. Kebetulan ada anak saya di DPR RI, saya kadang minta sendiri misalnya mau ada bantuan (alsintan), kirim juga di Sultra,” tambahnya.

Disamping ditunjang hasil panen yang melimpah, peran usaha penggilingan padi juga dianggapnya sangat vital. Misalkan masa panen berlangsung saat musim penghujan, sambung Kery, gabah petani bisa tetap dikeringkan menggunakan dryer (pengering) yang ada di tempat usaha penggilingan. Sentuhan teknologi tersebut turut andil menjaga stabilitas hasil pertanian petani di Konawe. Para petani tidak perlu lagi mengandalkan pola lantai jemur untuk mengeringkan hasil panennya saat musim hujan. Kery Saiful Konggoasa menambahkan, ada 20 tempat penggilingan padi di Konawe yang sudah dilengkapi dryer. Misalnya yang berada di kecamatan Abuki, Tongauna, Wonggeduku, Wonggeduku Barat dan Pondidaha.

“Makanya, beras kita tetap surplus. Saking melimpahnya, Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre Konawe kadang kewalahan menampung pasokan beras yang akan masuk ke gudang penyimpanan mereka,” tandas Konawe-1 itu. (adi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy